Tumbuhkembakan Kesadaran Hukum Bagi Pelajar, Kejari OKU Timur Rutin Lakukan Penyuluhan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus, Kejaksaan Negeri OKU Timur melakukan Penyuluhan dan Penerangan Hukum. Program yang bernama Jaksa Masuk Sekolah dilakukan agar para pelajar mendapat ilmu hukum sejak dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMK YIS Martapura OKU Timur.

Menurut Kajari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH Mhum melalui Kasi Intel Kejari Kabupaten OKU Timur, Yul Khaidir Fitrizal, SH, program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar khususnya pelajar SMP maupun SMA.

“Selain penyuluhan undang-undang, kami juga menyampaikan tentang kenakalan remaja mencangkup pergaulan bebas dan tawuran serta narkotika,” katanya saat dibincangi oleh awak media, Selasa (4/9/2018).

Dirinya juga menjelaskan, di samping fungsi penegakan hukum, kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. Untuk sosialisasi, pihaknya juga menyampaikan, dalam satu bulan target sampai satu kegiatan.

“Di 2018 sudah lima kali kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan. Ini merupakan program lama yang tetap dilanjutkan, kedepan kalau bisa lebih banyak lagi kegiatan yang pencegahan. Saya berharap seperti kegiatan ini mendapatkan dukungan dari masyarakat, pihak sekolah dan dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus melaksanakan program ini,” harapnya.

Sementara, Kepala SMK YIS Martapura Drs Tasman mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik terhadap kunjungan Kejari OKU Timur untuk memberikan penyuluhan hukum terhadap pelajar, dimana selain siswa-siswi mendapatkan pengetahuan baru tentang hukum, siswa juga bisa memahami batasan-batasan kenakalan remaja dan dampak dari penyalahgunaan narkoba.

“Hari ini ada sekitar 200 siswa-siswi kita yang mengikuti penyuluhan. Kita sangat berterima kasih kepada Kajari OKU Timur beserta jajajran yang telah bersedia memberikan pengetahuan mengenai hukum kepada pelajar khusuanya pelajar dilingkungan SMK YIS Martapura. Bahkan, kita berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin sehingga bisa membuka wawasan pelajar agar dapat lebih paham mengenai masalah hukum, batasan kenakalan remaja dan bahaya narkoba,” harapnya.

Sekedar informasi, narasumber dalam kegiatan Penyuluhan dan Penerangan Hukum adalah Kasi Intel Yul Khaidir Fitrizal, SH dan didampingi Jaksa Fungsional bidang Intel Wisnu Hamboro, SH.