Hadapi Era Globalisasi, Pelajar Diharapkan Kuasai Bahasa Asing

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk menghadapi era globalisasi pelajar diharapkan mampu menguasi berbagai bahasa asing. Dimana saat ini karena tuntutan perkembangan zaman sudah mengharuskan pelajar tidak hanya menguasai satu bahasa saja. Sehingga sejak dini mungkin anak muda harus memiliki keahlian guna dapat bersaing setelah lulus dari sekolah.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Belitang H Prioyitno, S.Pd,.MM mengatakan, saat ini siswa siswi terus didik dan dituntut untuk mampu menguasi berbagai bahasa asing. Karena penguasaan bahasa asing mempunyai peluang besar didunia kerja. Serta pelajar yang menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan segala kemapuan atau kompetensi yang dimiliki.

“Kita lihat saja sekarang ini, bahasa inggris sperti sudah menjadi kewajiban pokok untuk melamar kerja dimana-mana. Maka dari itu, kami selalu tekankan terhadap anak didik kita, selain mengikuti kegiatan belajar bahasa inggris di sekolah, agar dapat mengikuti les bahasa inggris di luar sekolah,” katanya.

Lalu lanjut Prio, selain bahasa inggris, para siswa juga harus sedini mungkin menguasai bahasa arab, karena ini juga dapat dijadikan siswa sebagai modal untuk hidup di masa depan, sebab merupakan salah satu bahasa yang setiap hari digunakan terutama dalam ibadah shalat.

“Bahasa arab juga memiliki peran yang sama dalam menggapai masa depan pelajar ketika mengenyam di dunia pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Peran kita tentu akan terus memberikan support dan pendidikan kepada mereka untuk memiliki berbagai keahlian, baik di bidang akademis maupun non akademis. Sehingga bekal mereka untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi” ucapnya.

Sementara, Wita salah satu siswa mengatakan, diera zaman digital seperti sekarang memang penguasaan bahasa asing seperti bahasa inggris sangat diperlukan didunia kerja, dimana hampir rata-rata jika ingin melamar pekerjaan pasti selalu ditanya bisa meguasai bahasa inggris atau tidak.

“Kita sering mendapat cerita dari kakak kelas yang sudah lulus bahwa penguasaan bahasa asing sangat diperlukan untuk bekal didunia kerja. Oleh karena itu selain diajarkan disekolah saya juga mengikuti les bahasa inggris dirumah,” pungkasnya.