Puskesmas Martapura Rutin Berikan Vitamin A

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memberikan asupan vitamin yang cukup kepada anak-anak khususnya yang anak berumur 6 bulan sampai 5 tahun. Puskesmas Martapura rutin memberikan vitamin A secara gratis kepada pelajar, salah satunya pelajar dilingkungan PAUD Sebiduk Sehaluan. Terlihat seluruh pelajar secara bergantian menunggu pemberian vitamin oleh petugas Puskesmas.

Menurut Kepala Puskesmas Martapura Maslinda, S.KM, saat diwawancarai wartawan mengatakan, program pemberian vitamin A secara gratis kepada anak-anak dan pelajar ini memang sudah berjalan sejak puluhan tahun yang dilakukan dua kali dalam satu tahun yaitu pada Februari dan Agustus. Dimana pemberian vitamin ini di tujukan kepada anak 6 bulan sampai 5 tahun yang dibiayai pemerintah pusat.

“Kegiatan ini dilakukan setiap tahun pada Februari dan Agustus kepada seluruh anak-anak dan pelajar PAUD dan TK khusunya di wilayah Martapura. Tujuannya untuk mengatasi rabun dan menjaga kesehatan mata anak sejak dini,” terangnya.

Lalu lanjutnya, untuk teknis pelaksanaannya pemberian vitamin disekolah dan didesa pihaknya menugaskan 10 orang pegawai puskesmas. Serta dibantu dengan bidan desa disetiap wilayah untuk memberikan vitamin, agar dalam tenggat waktu satu bulan pemberiannya dapat selesai.

“Semoga dengan terus berjalannya program ini anak-anak di OKU Timur menjadi anak yang sehat dan cerdas sehingga bisa terhindar dari pengakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin A,” harapnya.

Sementara itu, Kepala PAUD Sebiduk Sehaluan OKU Timur Ruli Kurnia Sari S.Pd menambahkan, dirinya sangat menyambut baik dengan adanya pemberian vitamin A kepada pelajar secara gratis, dimana untuk pelajar PAUD Sebiduk Sehaluan pemberian vitamin A ini sudah berjalan lebih kurang lima tahun.

“Kita berharap kegiatan pemberian vitamin ini dapat berkelanjutan secara terus menerus. Hal ini demi menjaga dan meningkatkan kesehatan anak PAUD sebagai penerus bangsa yang sehat, cerdas dan ceria,” pungkasnya.