Pemkab OKU Timur Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Desa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur terus berkerja keras menyelesaikan pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan yang menjadi prioritas secara bertahap. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni. Karena itu, dirinya meninjau langsung ke lapangan untuk mengetahui jalan mana yang rusak dan harus segera dibangun dan sekaligus melakukan pengawasan dalam proses pengerjaannya.

Didampingi Ketua Komisi IV DPRD OKU Timur Fenus Antonius SE dan Kadin Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Danan Rachmat, serta para Kepala Desa, Fery Antoni meninjau langsung lokasi jembatan Macak Desa Kota Tanah dan ruas jalan Perbatasan OKU Timur dan OKI yang tepat di Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur.

Menurut Wabup Fery Antoni SE saat diwawancarai mengatakan, panjang jembatan yang membentang di Sungai Macak ini sepanjang 56 meter. Jembatan tersebut, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dengan lantai yang terkelupas dari pipa penyangga. Dampak dari buruknya jembatan ini membuat aktivitas warga di empat desa itu menjadi terganggu.

“Infrastruktur memang masih menjadi PR (pekerjaan rumah). Tapi kita bertekad untuk mengakhiri penderitaan rakyat dampak dari buruknya jalan dan jembatan. Namun pengerjaan kita lakukan secara bertahap dan merata, serta menyesuaikan anggaran,” katanya, saat melakukan peninjauan di Kecamatan Semendawai Timur.

Lalu lanjut kata Wabub, jika jembatan ini tidak segera dibabangun tentu akan membuat masyarakat kesulitan. Terlebih di daerah ini potensi ekonomi dari pertanian dan perkebunan sangat tinggi, sehingga tentu dibutuhkan dukungan infrastruktur yang layak.

“Pada tahun 2018 ini permasalahan Desa Kota Tanah ini ialah jembatan, karena ini salah satu akses penghubung antara ke empat Desa di Kecamatan Semendawai Timur, akhir tahun ini juga Pemkab OKU Timur akan segera merealisasikan perbaikan jembatan Macak”, ungkapnya.

Selain Jembatan Sungai Macak, Fery juga meninjau langsung ruas jalan yang pembangunnya sudah berjalan dan juga memeriksa sudah sejauh mana perbaikannya berlangsung. Seperti diketahui jalan tersebut merupakan penghubung antara Kabupaten OKU Timur dan OKI, dan perbaikan ini bertujuan untuk melancarkan akses antara kedua Kabupaten.

“Jalan perbatasan antara OKUT dan OKI ini segera akan diperbaiki, panjang ruas jalan di Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur ini 7.3 KM dan akan dianggarkan sebesar Rp. 16 Miliar”, ujar Wakil Bupati OKU Timur ini.

Sementara itu, Kadin Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) Danan Rachmat menambahkan Pemkab OKU Timur juga akan melakukan pengerasan ruas jalan kabupaten penghubung OKU Timur dan OKI sepanjang 23 kilometer yang sudah dikerjakan 6 kilometer sisa 17 kilometer dengan dana dari DAK sebesar Rp90 miliar.

“Untuk dana yang akan kita gunakan tentu harus kita sesuaikan dengan kondisi keuangan kita, tapi prinsipnya kita berusaha membangun infrastruktur yang baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Fery juga memeriksa langsung pengerjaan jembatan di Desa Mulya Jaya yang membentang sepanjang 33 Meter. Pengerjaan jembatan tersebut hampir 100 persen dan ditargetkan akan selesai pada tahun ini.