Maksimalkan Persiapan Jadi Tuan Rumah MTQ, Berikut ini yang Dilakukan Pemkab OKU Timur…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memaksimalkan persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi yang akan berlangsung 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur terus berupaya melakukan beberapa langkah. Salah satunya dengan membangun Masjid Raya Martapura yang berada di Desa Kota Baru, Kecamatan Martapura yang ditargetkan Desember ini selesai.

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat meninjau perkembangan pembangunan masjid raya mengatakan, masjid ini luasnya 3.131 meter persegi dengan tinggi tujuh meter. Masjid yang lokasinya berada di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) sehingga diharapkan setiap harinya ramai jamaahnya.

“Pembangunan masjid ini menggunakan dana dari APBD OKU Timur TA 2018 sebesar Rp 4 miliar. Tahun depan ditambah rumah untuk muadzin dan tiga lokal TPQ. Selain itu, masih ada sisa tanah sekitar 2.400 meter persegi yang akan digunakan balai serba guna, dan masjid ini nantinya akan dijadikan pusat dakwah,” katanya, saat meninjau pembangunan Masjid Raya Martapura pada Senin (10/9/2018).

Lalu Kholid juga menambahkan, rencananya masjid yang dibangun dengan konsep tradisional dan modern ini diperuntuhkan untuk kesiapan sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi. Pemkab OKU Timur juga akan melakukan pembangunan rumah sewa untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi sebelum disewakan akan dipergunakan untuk kafilah saat MTQ 2020.

“Kita melakukan ini karena kita berharap jangan sampai mengecewakan saat berlangsungnya MTQ. Masjid dengan konsep tradisional diharapkan dapat menjadi sarana kegiatan keagamaan dan menjadi pusat kegiatan syiar islam khususnya di pemerintahan OKU Timur. Terlebih nanti akan ditunjang oleh beberapa sarana yang sangat bagus,” tambahnya.