Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Pelajar Ikuti Pawai

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Ratusan pelajar yang berasal dari 20 sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 10 kelompok bermain (KB) dan tujuh sekolah Raudhatul Alfa (RA) mengikuti pawai taaruf dengan memakai beragam baju muslim. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah yang jatuh pada 11 September 2018. Kegiatan pawai ini dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur melalui sekretris Dinas didampingi Koordinator Wilayah Martapura. Sambil bershalawat dan menyebut asma Allah, anak-anak menyusuri Jalan Merdeka menuju Taman Tani Mardeka, Kecamatan Martapura.

Menurut Dewi Puasari S.Pd.Aud selaku ketua Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Martapura sekaligus ketua pelaksana pawai mengatakan, selain untuk menyambut tahun baru islam kegiatan pawai ini juga salah satu bentuk untuk mengajarkan kepada anak terutama umat muslim bahwa islam juga mempunyai tahun baru. Dimana dari kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan kepada para pelajar tentang tahun baru islam.

“Kita berharap melalui kegiatan ini semoga anak-anak sedini mungkin bisa mengetahui bahwa tahun baru di islam bisa kita peringati dengan hal-hal positif dan tidak diperingati dengan kegiatan yang merugikan. Selain itu tentu dengan berkumpulnya dalam kegiatan ini dapat menambah tali silaturahmi dari berbagai sekolah PAUD serta menambah semangat untuk meningkatkan keimanan siswa kita,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Drs M Ali MM melalui Sekretaris H Sopiyan Hadi mengatakan, pawai ini menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal dengan kalender dan tahun baru masehi saja. Sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati.

“Tentu kita sangat mendukung kegiatan yang memberikan edukasi kepada anak-anak ini. Semoga kegiatan terus dilaksanakan agar pelajar dan masyarakat kedepan lebih mengenal makna dari tahun baru islam. Kalau sejak dini dibekali dengan pengetahuan agama yang banyak. Maka ke depan mereka (anak-anak red) bisa menjadi generasi yang bertaqwa dan berkarakter kuat dan tidak gampang terjerumus dalam hal-hal yang dilarang agama dan negara,” ujarnya.

Di tempat terpisah, kepala PAUD Sebiduk Sehaluan OKU Timur Ruli Kurnia Sari menambahkan, dirinya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, dimana selain bisa memeriahkan salah satu hari besar islam juga meningkatkan tali silaturahmi antar anak pelajar.

“Semoga kedepannya kegiatan ini bukan hanya anak-anak saja yang ikut bahkan semua masyarakat bisa ikut memeriahkannya serta melalui peringatan 1 Muharaam ini diharapkan anak plajar dan guru makin mendalami tentang islam,” pungkasnya.