Ciptakan Sekolah Sehat, Begini Cara Yang Dilakukan…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dalam proses belajar dan mengajar di sekolah, SMP Negeri 1 Buay Madang memiliki gagasan sekolah sehat, bersih, hijau dan berwawasan lingkungan. Warga sekolah juga diajak mencintai lingkungan sekolah dengan cara sadar akan kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Buay Madang Dra Yunyati, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sekali partisipasi seluruh warga sekolah serta dukungan dari jajaran internal sekolah. Karenanya, penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat agar generasi penerus tetap sehat dan bisa membangun Indonesia dengan semangat kebersihan lingkungan yang kental.

“Untuk menjadikan siswa berprestasi, salah satunya harus di mulai dari lingkungan sekolah yang membuat siswa nyaman dalam belajar. Kita memiliki gagasan sekolah sehat, bersih, hijau dan berwawasan lingkungan. Harapan kita dengan gagasan ini proses belajar siswa mendapatkan kenyamanan saat belajar, sehingga dengan sendirinya prestasi itu dapat diraih,” ucapnya.

Lalu lanjut dirinya, saat ini di sekolahnya telah memiliki warning kawasan tanpa rokok yang di pasang di lingkungan sekolah, tempat green house serta tanaman biopori. Serta siswa juga di bekali dengan buku buku yang berwawasan lingkungan yang tersedia di perpustakaan. Selain itu, untuk menjadikan konsep sekolah yang sehat, SMPN 1 ini telah memiliki ruang UKS yang memadai beserta perlengkapannya melalui program pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“Kita selalu menanamkan sikap peduli lingkungan terhadap siswa dengan mencanangkan berbagai program yang bisa menyadarkan siswa betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, selain itu ruang UKS kita juga berfungsi dengan baik,” imbuhnya.