Pengelolaan Dana Desa Diharapkan Tepat Guna

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR –  Untuk menghasilkan pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) secara baik, aman, efektif, tepat sasaran, tepat guna dan bisa menghasilkan inovasi-inovasi yang mempunyai multiplier efek yang besar, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD-APMD) Yogyakarta. Penandatanganan naskah kerjasama (MoU) dilakukan langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi di Aula Bina Praja I Setda OKU Timur, Kamis (13/09/2018).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, Dana Desa di Kabupaten OKU Timur pada tahun 2019 diproyeksikan mencapai Rp 205.926.152.000 yang merupakan terbesar di Sumatera Selatan. OKU Timur juga merupakan salah satu daerah penyangga pangan nasional produksi pertahun mencapai lebih dari 1,2 juta ton Gabah Kering Panen (GKP) dengan dukungan irigasi teknis yang sangat baik dari bendungan Komering dan dua Daerah Irigasi (DI) di Komering kemudian di Muncak Kabau.

“Dengan dana sebesar ini, saya berharap dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dengan prinsip kehati-hatian sehingga semua kegiatan dapat berjalan dan dipertanggungjawabkan dengan baik. Sehingga pada akhirnya mampu memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten OKU Timur,” kata Kholid.

Kholid juga berharap, dengan adanya STPMD dengan segala sumber daya dan pengalamannya selama ini di berbagai daerah di Indonesia, mampu meningkatkan kualitas SDM. Kendala utama dalam pemberdayaan masyarakat desa selama ini, masih rendahnya kemampuan SDM desa dalam mengelola manajemen organisasi, manajemen administrasi, keuangan, resiko dan manajemen konflik, masih rendahnya akan penguasaan teknologi informasi.

“Desa yang kita miliki dengan program-program yang intensif, pilot project, pelatihan, pendampingan dan pengawasan berkala dan pada akhirnya secara perlahan Desa-desa di Kabupaten OKU Timur dapat bergerak maju secara bersama-sama tumbuh menjadi Desa-desa mandiri dan makmur,” harap Kholid.

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD-APMD) Yogyakarta Habib Muhsin Ssos Msi sangat kagum dengan kesuburan tanah dan keramahan masyarakat Kabupaten OKU Timur. OKU Timur sendiri memiliki potensi di bidang pangan.

“Kabupaten OKU Timur sangat berpotensi dengan alamnya sebagai penghasil beras terbanyak dan buah-buahan yang bisa meningkatkan sumber penghasilan Bumdes, karena berbagai potensi ini kami dari pihak STPMD-APMD siap melakukan kerjasama ini,” tegas Habib.