Tahun 2018 Pemkab OKU Timur Bangun Enam Jembatan dan 100 Km Jalan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Selama tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), telah membangun jalan sepanjang 100 kilometer (KM) dan enam jembatan baru yang berada di beberapa Kecamatan di Kabupaten OKU Timur. Pembangunan jembatan tersebut terdiri dari jembatan untuk kendaran roda empat dan roda dua. Sedangkan untuk pembangunan jalan di fokuskan untuk seluruh jalan kabupaten, jalan poros desa dan jalan non status.

Menurut Kepala Dinas PUTR OKU Timur Danan Rahmat, SE, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid)  Bina Marga Melwi Ruslan, ST, ketika dibincangi mengatakan, pengerjaan enam jembatan dan jalan tersebut telah dilaksanakan dan saat ini tengah dalam proses penyelesaian (finishing). Namun pada akhir tahun semua bangunan dipastikan sudah bisa dilalui oleh masyarakat. Keenam jembatan yang dibangun diantaranya jembatan Sungai Burnai Desa Mulya Jaya, Kecamatan Semendawai Timur, dengan panjang 28 meter senilai Rp1,9 miliar, jembatan Sungai Hijau Desa Trikarya, Kecamatan Belitang III sepanjang 20 meter untuk roda empat dengan anggaran Rp 1,1 miliar.

Lalu jembatan Sungai Belitang Desa Batu Mas, Kecamatan Belitang II senilai Rp 300 juta, jembatan  Sungai Macak Desa Karang Marga, Kecamatan Semendawai Suku III untuk roda dua senilai Rp 300 juta. Kemudian  Jembatan Sungai Karetan anak Sungai Belitang Desa Nusa Bali, Kecamatan Belitang III dengan panjang 14 meter senilai Rp 1,3 miliar serta jembatan Desa Tanjung Mas, Kecamatan Semendawai Barat sepanjang 17 meter dengan anggaran Rp 600 juta untuk roda dua.

“Keenam jembatan ini merupakan pembangunan baru. Saat ini pengerjaannya masih dalam tahap finishing. Sedangkan anggarannya menggunakan anggaran APBD OKU Timur tahun 2018 sekitar dengan total Rp 5 miliar. Untuk pembangunan jalan 100 kilo meter di bagi secara merata di 20 kecamatan dengan total Rp 150 miliar,” katanya.

Sementara pada 2019 lanjut kata Melwi, pihaknya akan membangun jembatan Kali Rejo, Kecamatan Belitang II, panjang 52 meter untuk roda dua. Jembatan Sungai Macak Desa Suka Maju, Kecamatan Buay Madang Timur panjang 12 meter. Jembatan Sungai Tengah Desa Bawang Tikar, Kecamatan Semendawai Timur, jembatan Sungai Bubu Buha Desa Harjo Mulyo, Kecamatan Madang Suku II sepanjang 14 meter, serta jembatan Sungai Belitang Desa Nusa Agung, Kecamatan Belitang III.

“Selanjutnya jembatan Sungai Macak Desa Kota Tanah Kecamatan Semendawai Timur. Anggaran yang akan digunakan diperkirakan Rp 7 miliar sampai Rp 10 miliar. Karena saat ini masih dirancang dan belum dibahas di DPRD sehingga kita belum bisa memastikan berapa besarnya anggaran,” pungkasnya.