Caleg Wajib Lengkapi Berkas Untuk Masuk Tahapan DCT

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur melakukan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi tahapan pencalonan DPRD dan validasi data penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD OKU Timur dalam pemilu tahun 2019. Kegiatan yang dihadiri oleh unsur Muspida dan perwakilan partai politik dilakukan di Aula Bina Praja II pada Selasa (18/9/2018).

Menurut Ketua KPU OKU Timur Rialdi, S.Sos melalui sekretaris Midi Gusmi, SP didampingi Divisi Teknis dan Penyelenggara Sunarto, SP, mengatakan, Calon Legislatif (Caleg) yang akan maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 wajib melengkapi berkas salah satunya surat pengunduran diri dari jabatan sebelumnya. Dimana hal ini salah satu syarat wajib caleg untuk masuk tahapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Rapat ini merupakan sosialisasi untuk penetapan DCT serta menunggu kelengkapan Administrasi salah satunya Surat Keputusan Bupati tentang pengunduran diri dari kepala desa yang menjadi Caleg DPRD Kabupaten OKU Timur. Selain itu bagi caleg yang sebelumnya menjadi karyawan baik BUMN, BUMD dan Pegawai juga wajib menyertakan surat pengunduran diri dari perusahaan,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, jika caleg tidak menyertakan surat pengunduran diri hingga hari terakhir sebelum rapat pleno DCT dilaksanakan maka caleg tersebut tidak akan masuk tahapan DCT hal ini berdasarkan PKPU nomor 20 tahun 2018.

“Untuk berkas caleg yang belum lengkap akan kita tunggu sampai hari ini, karena rapat pleno penetapan DCT akan dilaksanakan Kamis (20/9/2018). Jika pada rapat pleno masih ada berkas caleg yang belum lengkap maka caleg dianggap mengundurkan diri,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda OKU Timur Drs Dwi Supriyanto menyampaikan, pemerintah daerah selalu berupaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanan pilpres dan pileg tetap kondusif dan jangan sampai ada perpecahan. Tak lupa dirinya juga berharap, para penyelenggra baik KPU dan Bawaslu dapat melaksanakan tupoksinya secara profesional agar pemilu yang aman, lancar dan sukses dapat terwujud.

“Selain itu, kita juga meminta kepada para caleg agar kiranya dalam melaksanakan kampnye tetap menjaga kondusifitas wilayah daerah pemilihannya secara baik, karena pada prinsipnya menang atau kalah itulah pilihan dan juga jangan sampai ada perpecahan di masyarakat, karena siapapun yang terpilih agar menjadi wakil rakyat yang amanah bagi masyarakatnya,” pungkasnya.