Berikut Ini Jumlah DCT Caleg Setelah Rapat Pleno KPUD OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar Rapat Pleno tertutup penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Setelah dilakukan rapat pleno yang berlangsung secara tertutup pada Kamis (20/9/2018) KPU OKU Timur akhirnya menetapkan 454 DCT Caleg yang akan ikut pada Pemilu 2019.

Menurut Ketua KPU OKU Timur, Rialdi S.Sos, melalui Komisioner Devisi Teknis Sunarto, saat dibincangi wartawan mengatakan, jika berdasarkan data yang ada di Daftar Calon Sementara (DCS) sebanyak 456, dengan demikian jumlah DCT mengalami pengurangan sebanyak dua orang. Berkurangnya jumlah DCT tersebut setelah satu Caleg mengundurkan diri, Caleg yang mengundurkan diri itu dari Partai Hanura, Komang Ardiana yang masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) II. Satu Caleg lagi dari PAN, Dera Awaloga Mahendi Dapil IV.

“Dia belum cukup umur, setelah diperiksa ternyata benar usianya 20 tahun sedangkan sesuai ketentuan minimal usia 21 tahun,” ungkapnya.

Kemudian, Sebelum tahapan penetapan DCT pihaknya sudah memberitahukan tentang syarat-syarat Calon Legislatif (Caleg) kepada seluruh Partai Politik (Parpol) yang mengikuti pemilu 2019.

“Jika Caleg yang mengundurkan diri laki-laki tidak bisa diganti, jika perempuan karena mempengaruhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan untuk itu bisa diganti,” ujarnya.

Lalu dirinya menambahkan, untuk di Bumi Sebiduk Sehaluan ada Lima Dapil, Dapil I diantaranya Kecamatan Martapura, Bungamayang, Jayapura, BP Peliung. Dapil II, Kecamatan Madang Suku I, Madang Suku II, Madang Suku III, Belitang Madang Raya. Sedangkan Dapil III, Kecamatan Cempaka, Semendawai Barat, Semendawai Suku III, Semendawai Timur, Belitang Mulya, Dapil IV Kecamatan Belitang, Belitang Jaya, Belitang II, Belitang III. Terakhir Kecamatan Buay Madang, Buay Madang Timur, BP Bangsa Raja merupakan Dapil V.

“Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2173 dan satu TPS khusus di Rutan Cabang Martapura,” pungkasnya.

Rapat pleno penetapan DCT yang dilaksanakan oleh KPU berlangsung secara tertutup. Hasil pleno penetapan DCT akan segera diumumkan. Sesuai tahapan pengumuman 21 November 2018, diumumkan.