Lakukan Pengenalan Hukum Sejak Dini, Ini Yang Dilakukan Kejari OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Kejaksaan Negeri Kabupaten OKU Timur mengadakan penyuluhan dan penerangan hukum ke pelajar. Kegiatan yang diikuti oleh pelajar sebanyak 200 gabungan pelajar SMP dan SMA dari zona 8 di OKU Timur ini merupakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kegiatan ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Semendawai Barat, pada Senin, (24/9/2018).

Pada kesempatan ini juga, Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH Mhum menjadi Inspektur Upacara serta memberikan pemahaman dan pengenalan lembaga Institusi Kejaksaan di hadapan ratusan pelajar.

Menurut Kajari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH Mhum melalui Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari OKU Timur Yul Khaidir Fitrizal SH mengatakan, dalam kegiatan JMS ini, setiap masing-masing kasi yang berada di Kejari OKU Timur menerangkan tugas dan fungsi masing-masing bidang. Selain itu juga para kasi mencontohkan cara penanganan perkara pada masing-masing bidang.

“Dalam kegiatan JMS ini, setiap kasi juga memberikan pemahaman terhadap tugas dan fungsi. Serta, setiap kasi juga mencontohkan dalam menangani perkara di masing-masing bidang,” katanya.

Lalu dirinya juga menyampaikan, seusai pengenalan seputar tugas dan fungsi Kejaksaan. Pihaknya juga mengajak pelajar untuk melakukan sesi tanya jawab. Bagi pelajar yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan maka pelajar mendapatkan souvenir yang diserahkan langsung oleh Kajari OKU Timur.

“Program jaksa masuk sekolah merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan tujuan pengenalan serta pembinaan hukum sejak dini, sehingga anak-anak bangsa tidak terjerumus dengan pelanggaran hukum,” terangnya.

Sekedar informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur M Ali Pasyai beserta jajarannya, kepala sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut, Camat Semendawai Barat dan unsur penunjang pendidikan lainnya.