Stop Kekerasan Perempuan dan Anak, Berikut Ini Upaya Dinas PPPA OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten OKU Timur membentuk Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Sebiduk Sehaluan Kabupaten OKU Timur. Dibentuknya forum tersebut bertujuan untuk mensejahterakan dan meminimaslisir serta melakukan upaya memberhentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pengurus dan anggota forum ini berasal dari organisasi masyarakat, dunia usaha dan Media. Setelah dibentuk, forum PUSPA Sebiduk Sehaluan langsung diberi pelatihan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumsel. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas PPPA OKU Timur yang berlangsung pada 26-27 September 2018.

Menurut Kepala Dinas PPPA Provinsi Sumsel Hj Susna Sudarti, SE, MM sekaligus sebagai salah satu pemateri, saat dibincangi wartawan mengatakan, tugas pengurus dan anggota forum PUSPA yaitu untuk membangun jejaring kerjasama dengan pemerintah dan lembaga masyarakat. Serta mengkoordinasikan inisiatif, inovasi dan partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak.

“Selain itu tugas forum mengidentifikasi dan mengajak masyarakat yang peduli dan potensial untuk dihimpun dalam tim kerja PUSPA. Selanjutnya memfasilitasi perempuan untuk berkreasi dalam mendapatkan dan memanfaatkan akses dalam rangka peningkatan ekonomi,” katanya.

Lalu lanjut Susna, selain itu, forum PUSPA juga mempunyai tujuan untuk memperkenalkan program unggulan 3 Ends yang isinya akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan. Menggalang dukungan lembaga masyarakat, dunia usaha dan media tinggkat daerah dalam mempromosikan program unggulan 3 Ends.

“PUSPA ini juga sebagai media untuk berbagi pengalaman dan gagasan inovatif berkenaan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Serta untuk membangun sinergi antar Dinas PPPA, lembaga masyarakat, dunia usaha dan media guna percepatan dan efektifitas mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak di Sumsel khususnya di Kabupaten OKU Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA OKU Timur Dra Hj Yuniati, MM menambahkan, dirinya berharap dengan dibentuknya forum PUSPA Sebiduk Sehaluan menjadi wadah untuk peningkatakan perlindungan perempuan dan anak agar bisa terlindungi dan sejahtera serta bisa mendukung keberhasilan program 3 Ends. Selanjutnya bisa mengurangi dan menurunkan angka kekerasan pada perempuan dan anak diwilayah OKU Timur.

“Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat khususnya DPPPA Provinsi Sumsel yang telah mendukung terbentuknya forum PUSPA Sebiduk Sehaluan, serta sekaligus memberikan pembekalan pelatihan kepada seluruh pengurus,” ujarnya.

Selain itu dirinya juga berharap, dengan terbentuknya forum ini dapat mendukung program-program dari Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Serta dapat menyuarakan program 3 Ends ke seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten OKU Timur.

“Semoga melalui forum ini bisa mendukung program unggulan Kementrian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dalam menyuarakan program 3 Ends dan bisa menjalankan program-program kerja untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak khusunya di Kabupaten OKU Timur,” harapnya.