Ciptakan Generasi Muda Anti Narkoba KNPI OKU Timur Gelar Penyuluhan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – DPD KNPI OKU Timur melaksanakan penyuluhan dan pemahaman terhadap penyalahgunaan narkoba serta dampak dari mengkonsumsi narkoba. Sebanyak ratusan pelajar dilingkungan SMAN 1 Buay Pemuka Peliung mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan generasi muda anti narkoba di Kabupaten OKU Timur. Kegiatan yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) OKU Timur dan pihak Kepolisian ini dilaksanakan di ruangan kelas SMAN 1 BP Peliung dengan dihadiri Camat BP Peliung, Pengurus Karang Taruna danpengurus DPD KNPI OKU Timur, Rabu (3/10/2018).

Menurut Ketua KNPI OKU Timur Fenus Antonius, SE melalui Wakil Ketua Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dian Andriani, SE didampingi Ketua Pelaksana kegiatan Marwanto mengatakan, kegitan penyuluhan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu program kerja DPD KNPI OKU Timur. Program tersebut untuk mengajak semua generasi muda agar lebih mengenal jenis-jenis narkoba.

“Namun, pengenalan jenis-jenis narkoba bukan untuk dikonsumsi, melainkan untuk menambah pengetahuan para pelajar. Sehingga semua generasi muda dan pelajar dapat menghindari narkoba serta tidak mencoba untuk memakai narkoba,” katanya.

Lalu lanjutnya menjelaskan, narkoba juga sangat membawa dampak buruk bagi kehidupan dan masa depan. Karena narkoba merupakan perusak generasi yang efeknya bisa menyebabkan belajar menjadi malas, hilangnya semangat untuk menggapai cita-cita serta membuat prestasi menjadi terhambat karena mengkonsumsi narkoba.

“Melalui kegiatan penyuluhan narkoba ini kita berharap semua pemuda dan pelajar khususnya dilingkungan SMN 1 BP Peliung agar jangan pernah mengenal yang namanya narkoba apalagi sampai mengkonsumi. Mari sama-sama kita ciptakan Kabupaten OKU Timur baik generasi muda, pelajar dan masyarakat yang bebas narkoba serta katakan tidak untuk naekoba,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 BP Peliung Cik Alibion mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi kepada pihak DPD KNPI OKU Timur beserta jajaran yang telah mengadakan kegiatan penyuluhan ini. Dimana, dirinya berharap adanya kegiatan ini bisa membawa dampak positif untuk siswa-siswi serta dapat menambah wawasan agar semua siswa-siswi lebih mengenal yang namanya narkoba sehingga bisa menimimalisir keinginan genarasi muda untuk tidak mengenal narkoba.

“Ucapan terimakasih kepada DPD KNPI OKU Timur, BNK dan pihak Kepolisian yang telah bersedia memberikan penyuluhan disekolah kita. Semoga dengan gencarnya kegiatan penyuluhan narkoba ini bisa membawa perubahan untuk generasi muda agar lebih mampu mengendalikan diri, menghindari lingkungan yang kurang baik serta tidak mengenal yang namanya nerkoba, karena itu sangat menjerumuskan masa depan,” harapnya.

Kemudian, Plt Kepala BNK OKU Timur sekaligus sebagai narasumber Okto Priadi, S.Km mengatakan, selain materi jenis-jenis narkoba yang diberikan kepada pelajar dirinya juga menyapaikan dampak dari jenis narkoba sehingga pelajar lebih mengerti dan memahami banyaknya kerugian jika memakai narkoba. Karena selain dari bahan alam jenis narkoba saat ini juga sudah banyak jenis narkoba sintetis diantaranya Heroin, Ekstasi dan Sabu-sabu, yang memberikan dampak seseorang menjadi sering cemas, cepat panik, paranoit dan ada juga tingkah yang menjadi sok kepedean atau rasa percaya diri berlebihan ketika mengkonsumsi narkoba.

“Kita berharap semua pelajar bisa lebih tau tentang narkoba, tapi jangan sampai mengkonsumsi agar masa depan dan cita-cita adik-adik bisa terwujud. Kita juga menghimbau kepada semua masyarakat, pemuda dan pelajar untuk segera melaporkan pecandu narkoba agar bisa dilakukan rehabilitasi jangan sampai tertangkap baru mau direhab dan jangan takut untuk dilakukan rehab karena tidak akan di proses hukum. Namun jika tidak mau melapor pihak kepolisian akan menindak tegas dan bisa terjerat hukum yang berlaku,” katanya.