Gunakan Cara Modern Untuk Meningkatkan Hasil Panen

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Petani di Kabupaten OKU Timur harus menggunakan cara bertani yang lebih inovatif dan berpikir modern. Serta diimbangi dengan perencanaan yang bagus untuk meningkatkan hasil tanaman panen agar lebih baik. Hal ini diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menghadiri kegiatan panen semangka di Desa Sukoharjo, Kecamatan Buay Madang Timur.

“Saya selalu mengajak masyarakat terutama petani untuk selalu berpikir modern agar hasil panen lebih bagus. Melalui kegiatan panen semangka biji, non biji dan semangka inul yang ditanam dilahan seluas 15 hektar ini diharapkan menjadi pemicu agar masyarakat tergerak untuk bertani dengan cara yang lebih modern,” kata Kholid.

Lalu lanjut kata Kholid, untuk menanam semangka dengan luas lahan satu hektar biaya modal yang diperlukan dari pengolahan tanah sampai panen sebesar Rp 24 juta hingga Rp 25 juta. Sedangkan hasil panen normal satu hektar 24 ton hingga 25 ton. Harga semangka ditingkat petani Rp 700 perkilogram, jika dikalikan 25 ton menghasilkan uang kurang lebih Rp 65 juta dikurangi modal petani masih untung Rp 32 juta.

“Keuntungan yang diraih petani cukup tinggi, namun tentunya petani harus serius mengelolanya dan selalu mempelajari caranya dengan baik,”ujarnya.

Ditambahkan Kholid, Kabupaten OKU Timur merupakan daerah pertanian dan perkebunan, untuk itu dirinya selalu mengajak masyarakat untuk bertani karena hasil pertanian dan perkebunan bisa menghasilkan keuntungan dan meningkatkan perekonimian masyarakat.

“Contohnya berkebun semangka ini sangat baik karena buah semangka yang harganya terjangkau oleh masyarakat ini laku dijual dipasar,” tambahnya.

Lebih lanjut Kholid menegaskan, kedepan Pemkab OKU Timur melalui dinas terkait terus berupaya mencari solusi yang tepat dalam memajukan bidang pertanian dan perkebunan sehingga Kabupaten OKU Timur bisa menjadi salah satu sentral pertanian yang maju.

“Karena potensi pertanian dan perkebunan cukup tinggi didukung dengan lahan yang luas dan subur sehingga potensi ini sangat menjanjikan,” pungkasnya.