Perkenalkan Dunia Industri ke Peserta Didik, Begini Cara Yang Dilakukan SMK Kesehatan Bina Marta…

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memperkenalan dunia industri ke peserta didik SMK Kesehatan Bina Marta melaksanakan kegiatan kunjungan industri ke tempat yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Dalam hal ini seperti rumah sakit, perguruan tinggi (kesehatan) dan pusat tanaman obat-obatan herbal. Peserta yang mengikuti kunjungan industri sebanyak 126 peserta didik yang merupakan kelas XI dari SMK Kesehatan Bina Marta Martapura dan SMK Kesehatan Bina Marta Baturaja. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 29 September – 5 Oktober 2018.

Menurut Kepala SMK Kesehatan Bina Marta Martapura Bonirin, S.Hi mengatakan, kunjungan industri ini merupakan bagian dari kurikulum SMK. Tujuan kegiatan kunjungan industri ini untuk memperkenalkan ke peserta didik tentang dunia usaha dan dunia industri serta kampus sebagai acuan dimana peserta didik mau melanjutkan setelah lulus dari SMK nantinya.

“Kunjungan industri ini merupakan bagian kurikulum SMK sehingga wajib dilaksanakan. Serta, diharapkan kepada peserta didik dapat mengetahui dunia usaha dan dunia industri serta kampus supaya menjadi acuan ketika peserta didik lulus nanti,” katanya.

Lalu lanjut kata Bonirin, untuk industri yang di kunjungi Rumah Sakit Sebelas Maret, Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Terstandar (BP2TO2T), dan Universitas Sebelas Maret. Selain itu peserta didik juga kita ajak mengunjungi wisata sejarah meliputi candi borobudur, candi prambanan, malioboro, gedung sate dan konfrensi asia afrika. Tak lupa dirinya juga menghimbau kepada peserta didik agar dapat mengambil ilmu serta pengalaman dan dapat menyelesaikan laporan tepat waktu.

“Jaga kesehatan serta ambil ilmu dan pengalaman sebanyak banyaknya dari dunia usaha dan dunia industri. Selain itu, diharapkan peserta didik nantinya dapat menyelesaikan laporan tepat waktu,” pungkasnya.

Sementara itu, Putri salah satu siswa SMK Kesehatan Bina Marta Martapura mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan kunjungan industri ini dirinya memperoleh ilmu dan pengalaman baru. Apalagi saat mengunjungi BP2TO2T dirinya mengaku lebih banyak mengetahui lagi tentang obat-obatan.

“Banyak pengalaman yang didapat kak. Saya kan jurusan farmasi jadi saat mengunjungi BP2TO2T saya lebih tahu tentang tanaman obat-obatan. Serta saat wisata sejarah saya bersama teman-teman jadi lebih tahu sejarah-sejarahnya,” ungkapnya.