Pilkades Serentak Menggunakan e-Voting Mulai Disosialisasikan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan Desember yang akan datang di Kabupaten OKU Timur telah dimulai. Pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri seluruh Kepala Desa ini dilaksanakan, Senin (8/10/2018) di Aula Bina Praja Pemkab OKU Timur.

“Saat ini kita terus melakukan persiapan, termasuk mensosialisasikan kepada semua Kepala Desa dan perangkat, kemudian baru ke Desa pelaksana Pilkades secara bergilir. Karena ini baru pertama kali dilaksanakan dan menggunakan sistem elektronik, agar faham tata cara pelaksanaannya,” kata Fifi Luthas selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda OKU Timur, saat diwawancarai oleh wartawan seusai kegiatan.

Dijelaskannya lebih lanjut, adapun jumlah desa yang melaksanakan Pilkades sistem e-Voting nanti berjumlah 40 desa dari 18 Kecamatan. Untuk teknis pelaksanaan, Tapem akan bekerjasama dengan Dinas Kominfo. Sementara sudah ada 16 alat untuk 1000 mata pilih disiapkan dan kemungkinan akan ada 6 alat tambahan.

“Nanti akan dibagi 5 tahap, tidak bisa serentak. Namun, untuk satu kecamatan dilakukan serentak. Pembentukan tim panitia kabupaten sudah, tinggal panitia desa dari tiga kecamatan yang belum menyampaikan susunan kepanitiaan. Harapan kami ini sukses, karena banyak keuntungan sistem e-Voting diantaranya tidak memakan biaya besar seperti pengadaan surat suara, kotak suara, mengurangi kerusakan atau tidak ada kerusakan. Selain itu penggunaan waktu dan tenaga lebih efisien,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) OKU Timur, Sutikman mengatakan pihaknya akan segera mengeluarkan data kependudukan desa pelaksana Pilkades untuk segera diversifikasi.

“Sudah disiapkan (Data-Red), Minggu depan tanggal 17 data kependudukan akan di cetak dan diserahkan untuk diverifikasi oleh desa dan dikembalikan lagi ke Dinas Capilduk untuk diperbaiki kemudian diinput ke Daftar Pemilih Tetap (DPT),” Paparnya.