2019, Jalan Penghubung OKU Timur dan OKI akan Dibangun

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Ruas jalan penghubung antara Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKI tepatnya di Desa Toto Rejo sampai ke batas Kabupaten OKI mengalami rusak parah. Rusaknya ruas jalan tersebut kerap dikeluhkan masyarakat, karena pada saat hujan kondisi jalan berlumpur dan saat musim kemarau kondisi jalan berdebu sehingga sangat mengganggu pengguna jalan.

Menurut Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni, saat meninjau bersama rombongan, Selasa (9/10/2018), setelah ditinjau panjang jalan kurang lebih enam kilometer dan sudah layak untuk diperbaiki. Pasalnya jalan tersebut merupakan jalan utama warga sekitar. Lanjut kata Wabup, wajar masyarakat mengeluh jalannya memang rusak dan ini harus segera dibangun, agar arus lalu lintas menjadi lancar mengingat potensi perekonomian masyarakat di daerah ini sangat tinggi.

“Jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Toto Rejo dan Cahaya Tani, maka dari itu akan segera diperbaiki. Adapun anggaran yang digunakan dalam perbaikan jalan ini, menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBD) 2019. Namun untuk nominalnya belum bisa ditentukan karena masih akan diajukan,’’ katanya.

Lalu lanjut kata Wabup, kerusakan jalan memang sangat merugikan masyarakat, dimana akibatnya ongkos transportasi akan semakin mahal dan jarak tempuh semakin jauh. Kondisi ini tentu berpengaruh pada meningkatnya harga kebutuhan bahan pokok karena ongkos angkutannya semakin mahal. Selain itu, dampak negatif yang ditimbulkan dari kerusakan jalan juga bisa memicu terjadinya aksi kejahatan, karena biasanya kondisi jalan yang rusak dan sepi dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi kriminalitas.

“Karena biaya yang dipergunakan untuk pembangunan jalan cukup besar, untuk itu pembangunannya tentu akan dilakukan secara bertahap agar menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Diharapkan juga agar masyrakat dapat bersabar sembari menunggu pelaksanaan pembanguan. Karena kita selaku pemerintah daerah tentu selalu akan berbuat untuk kesejahteraan masyarakat, khusunya masyarakat OKU Timur,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga Cahaya Tani, Mujianto mengatakan, masyarakat sudah banyak yang mengeluhkan kerusakan jalan tersebut. Bahkan, masyarakat menunggu pembangunan di jalan itu, karena merupakan akses utama perekonomian warga. Selain itu lanjut kata dia, saat musim penghujan jalan ini lumpuh total pasalnya ini jalan tanah dan sejauh ini belum ada jalan alternatif lain selain jalan utama ini.

“Saya sangat berharap jalan ini segera diperbaiki, agar kami dapat melintasinya. Baik di musim panas maupun musim penghujan dengan membawa hasil perkebunannya,” pungkasnya.