Musrenbangdes Sarana Tentukan Sasaran Pembangunan Desa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Desa Raman Jaya, Kecamatan Belitang II, OKU Timur melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Musrenbangdes tersebut untuk menentukan tujuan dan sasaran pembangunan di setiap desa agar hasil pembangunan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka perlu dilakukan perencanaan yang matang. Karena dengan adanya perencanaan yang benar-benar matang maka pembangunan yang dilakukan sesuai keinginan masyarakat dan kondisi desa.

“Kita memang selalu mengingatkan kades dan aparatur desa untuk melakukan musyawarah sebelum melaksanakan pembangunan. Serta, mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa agar pembangunannya tepat sasaran,” kata Wakil Bupati (Wabup) OKU Timur, Fery Antoni SE, saat menghadiri Musrenbangdes 2019, Selasa (9/10/2018).

Lalu lanjut kata Fery, Kades dan aparatur desa harus benar-benar mampu menggunakan dan mengelola anggaran desa yang harus dipergunakan sesuai dengan ketentuan. Karena saat ini dana yang dikucurkan pemerintah untuk desa sangat besar.

“Kades harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya jangan sampai terjadi penyimpangan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kades Desa Raman Jaya, Kecamatan Belitang II, Bernawi menyampaikan, Musrenbangdes kali ini dilakukan untuk perencanaan pembangunan 2019. Sebelum melakukan pembangunan, pihaknya terlebih dahulu melakukan musyawarah dusun. Setelah selesai musyawarah dusun dilanjutkan ketingkat Musrenbangdes. Hal ini dilakukan agar apa yang menjadi kendala di masyarakat dapat segera diatasi.

“Setiap rencana pembangunan terlebih dahulu dimusyawarahkan dengan masyarakat. Prioritas pembangunan infrastruktur jalan, pemberdayaan desa fasilitas umum. Harapan kita hasil pembangunan agar tepat sasaran yang sesuai kebutuhan dan berguna bagi masyarakat,” terangnya.