KPU Sosialisasikan GMHP Untuk Memetakan dan Melindungi Hak Pemilih

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk memetakan dan melindungi hak pemilih pada Pemilu 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dengan mendirikan 333 posko. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) OKU Timur Rialdi melalui Devisi Program dan Data Yuliansyah SE. Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan GMHP, yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 28 Oktober 2018.

“Makanya kami membuat memetakan melindungi hak pilih ini sampai ketingkat bawah. Kita sudah membuat posko GMHP yang tersebar di tingkat PPS, PPK se Kabupaten OKU Timur,” terangnya Yuliansyah.

Lalu lanjut kata Yuliansyah, KPU sudah membuat 333 titik posko untuk melayani dan melindungi hak pemilih. Pihaknya juga menargetkan agar posko yang ada agar bisa melayani para pemilih.

“Jadi nanti jika ada warga yang sudah memiliki E-KTP namun belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Pemutahiran (DPTHP) langsung melaporkan ke posko dengan membawa E-KTP atau Kartu Keluarga,” jelasnya.

Dirinya juga menhimbau kepada warga yang belum memiliki E-KTP atau belum melakukan perekaman diharapkan agar segera menggurusnya, karena saat ini pemilih wajib memiliki E-KTP. Karena surat keterangan dari Disdukcapil juga tidak berlaku.

“Jadi sekarang bagi warga yang tidak memiliki E-KTP tidak bisa memilih, karena sekarang pemilih wajib memiliki E-KTP sebagai salah satu syarat, ” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Belitang III Feriyanto mengatakan, memang KPU Kabupaten OKU Timur beberapa hari yang lalu datang ke sekertarian PPK Belitang III untuk melakukan sosialisasi mengenai Gerakan Melindungi Hak Pilih ini.

“Kita juga sudah melakukan sosialisasi ke tingkat PPS dan nantinya pihak PPS akan mensosialisasikan ke tingkat KPPS agar program ini bisa sukses dan pemilu 2019 dapat sukses dan berjalan lancar,” jelasnya.