Masuki Masa Kampanye, Percetakan Kebanjiran Orderan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Tahapan masa kampanye untuk pemilihan legislatif 2019 saat ini, membawa berkah tersendiri bagi pengusaha percetakan. Para calon anggota legislatif (Caleg) berlomba-lomba memesan spanduk, brosur, kalender, kartu nama sampai stiker yang menampilkan wajah lengkap dengan nomor urut.

Selain kebanjiran orderan dan pesanan, para pengusaha percetakan juga mampu meraup keuntungan yang berlipat selama masa kampanye jika dibandingkan dengan hari biasa. Pembuatan spanduk tersebut sebagai bahan kampanye ataupun dipasang di sejumlah lokasi yang dinilai strategis untuk meningkatkan perolehan suara mereka.

Menurut Putri, salah satu pegawai percetakan Adika Digital Printing di Cidawang Martapura, Kabupaten OKU Timur, mengatakan, order mulai meningkat beberapa bulan yang lalu. Namun sejak resmi masuk masa kampanye orderan percetakan semakin meningkat.

“Orderan mulai ramai tepatnya pada bulan Mei 2018. Sekarang terus meningkat sampai kita sempat kewalahan untuk memenuhi pesanan,” ujar Putri.

Lalu lanjut kata Putri, pesanan barang cetakan dari para caleg saat ini mampu mendongkrak omzet percetakan sekitar 60 sampai 80 persen. Dimana diakui Putri, kebanyakan yang melakuan pesanan para caleg hampir sekitar 70 persen, sisanya masyarakat biasa dan instansi pemerintahan.

“Kebanyakan caleg yang order, bahkan ada juga caleg dari propinsi Lampung dan kabupaten lain memesan disini. Mungkin karena harga murah dan kualitas percetakan kita memang bagus sehinhga banyak caleg dari kabupaten dan provinsi tetangga banyak order disini,” ungkapnya.

Percetakan Adika Digital Printing yang memiliki cabang di wilayah Belitang ini, selama dua bulan terakhir banyak penerima pesanan untuk jenis baliho, kalender dan kartu nama. Sedangkan, untuk banner spanduk banyak dipesan oleh masyarakat, organisasi, instansi pemerintah dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

“Setiap hari percetakan kita selalu ramai. Salah satunya adalah harga kita yang kompetitif dan sangat murah dengan hasil cetakan yang kualitasnya sangat baik. Sebab percetakan kita didukung oleh mesin cetak keluaran terbaru yang sangat modern,” pungkasnya.