Bentuk Fillet Terobosan Baru Dalam Penjualan Ikan Patin

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD bersama Wakil Bupati Ferry Antony SE dan didampingi beberapa OPD, kegiatan ini dalam rangka kunjungan kerja Bupati untuk melihat langsung Panen ikan Patin, Rabu (17/10/2018) di Desa Tambakboyo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur.

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat diwawancarai wartawan mengatakan, pengembangan ikan patin yang di mulai oleh pak H Erwanto ini merupakan terobosan baru dalam penjualan ikan patin dalam bentuk fillet. Karena selama ini Kabupaten OKU Timur hanya terfokus pada penjualan ikan patin kepedagang lokal saja.

“Syarat minimal untuk ikan yang sudah siap dipanen harus berbobot tujuh Ons, dan yang sudah dipanen tadi melebihi berat minimalnya. Ini merupakan pangsa pasar terbuka untuk kita sebab yang diperlukan dalam kurun waktu satu bulan minimal 60 ton dan jika dikalikan satu tahun bisa mencapai hampir 800 ton per tahun,” katanya.

Lalu lanjut kata Kholid, daerah komering itu cocok dengan pengembangan perikanan sehingga harus dijadikan daerah perikanan. Bisa menggunakan semi teknik juga bisa memakai teknik karena di daerah komering tersebut berpotensi untuk pengembangan ikan.

“Bayangkan jika daerah tersebut memproduksi pengembangan perikanan seperti ini berapa ratus ton yang akan kita produksi,” jelas Kholid

Sementara itu menurut pemilik Tambak Ikan Patin Filet ini H Erwanto mengatakan, Setiap pengiriman ikan patin tersebut minimal 5 ton dan saat pengiriman ikan masih dalam bentuk utuh, dan harga ikan patin miliknya tersebut dalam satu Kilogramnya dipatok dengan harga 15 ribu

“Selama ini petani ikan susah menjual hasil panennya, karena banyak faktor yang membuat petani ikan seperti kami ini kesulitan dalam menjual hasilnya, namun dengan terobosan filet ini kami selaku petani ikan mampu mengangkat harga ikan dari petani,” jelasnya.