Sosialisasikan Gemarikan, Disnakan Gelar Lomba Masak Serba Ikan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait, guna menyukseskan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan ) secara nasional Dinas Perikanan dan Peternakan menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten OKU Timur. Dengan mengusung tema “ragam menu masakan ikan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”, lomba ini diikuti oleh 20 tim yang berasal dari TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten OKU Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Disnakan, pada Kamis (25/10/2018).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat membuka acara mengatakan, ketahanan pangan dan gizi merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang menjadi salah satu pilar utama hak azasi manusia. Lalu, kegiatan ini merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional serta menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera.

“Konsumsi ikan di masyarakat masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain, serta masih belum merata diseluruh wilayah. Hal ini berakibat pada kurang baiknya status kesehatan masyarakat, seperti bayi yang lahir pendek (stunting), bayi kurus (wasting) dan kasus obesitas atau kelebihan berat badan,” katanya.

Lalu lanjut Kholid, Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat produksi ikan yang cukup tinggi di provinsi Sumatera Selatan. Dengan produksi total sebesar 45.266,50 ton dan tingkat konsumsi ikqn sebesar 38,7 kg/kapita/tahun dan untuk konsumsi ikan nasional 47 kg/kapita/tahun. Sehingga dengan adanya lomba ini diharapkan akan dapat mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis produk perikanan.

“Harapan kami, dengan diadakannya lomba ini akan dapat memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan ibu ibu dapat lebih pandai lagi mengolah ikan sebagai menu dalam keluarga dengan bermacam olahan. Serta, meningkatkan keterampilan memasak para peserta lomba dan memperkenalkan keanekaragaman masakan yang berasal dari bahan baku ikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur Sujarwanto, SP, MM, menambahkan, lomba masak serba ikan tingkat kabupaten dalam rangka untuk mengkampanyekan gemar makan ikan di masyarakat. Serta, upaya untuk mendukung pemanfaatan sumber daya ikan, memperkenalkan keanekaragaman masakan bahan baku menyebarluaskan informasi tentang ikan dan kandungan gizi produk olahan perikanan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dipaksanakan melibatkan seluruh perleman bangsa guna mencukupi konsumsi 47 kg/kapita/tahun. Selain itu ini merupakan promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan,” ujarnya.

Pemenang dari lomba ini, lanjut kata dia, akan mewakili OKU Timur ke tingkat provinsi. Lalu untuk mensosialisasikan gemar Ikan pihaknya juga membagikan 150 paket yang terdiri dari susu dan olahan ikan berupa nugget dan brownies pada kelompok belajar (KB), PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Martapura.

“Peserta lomba masak serba ikan ini 20 tim TP PKK kecamatan se OKU Timur. Untuk menu yang dilombakan adalah ikan untuk keluarga, balita, dan kudapan. Sedangkan juri independen dari ahli gizi, dinas kesehatan, ahli tata boga, ahli ikan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sumsel, serta Dinas Ketahanan Pangan,” tambahnya.

Sekedar informasi, hasil penilaian juri lomba masak serba ikan, pemenang juara I yang akan mewakili Kabupaten OKU Timur di tingkat provinsi diraih Kecamatan Madang Suku III, juara II diraih Kecamatan Semendawai Suku III dan juara III diraih Kecamatan Semendawai Barat. Sementara untuk juara harapan I dan harapan II masing-masing diraih Kecamatan Buay Pemuka Peliung dan Belitang III. Sedangkan untuk juara favorit diraih oleh Kecamatan Belitang Jaya.