Bagikan Kuota PIP, Kakankemenag : PIP Harus Tepat Sasaran

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program prioritas pemerintah dan harus tepat sasarannya terutama dalam memperkecil kesenjangan layanan pendidkan bagi anak dari keluarga miskin. Hal ini dikatakan Kakankemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid saat menghadiri kagiatan pembagian kuota PIP ditingkat Madrasah se-Kabupaten OKU Timur yang di selenggarakan oleh Kasi Penmad Kemenag OKU Timur di aula MTs N 1 OKU Timur.

Menurut Abdul Rosyid berharap agar program ini berjalan sesuai tujuannya, dimana ada beberapa faktor yang harus diperhatikan baik dalam tatanan perencanaan, pendataan, dan mekanisme pelaksanannya. Karena salah satu sasaran penerima PIP adalah anak usia 6 sampai 21 tahun yang tidak bersekolah atau drop-out.

“Saya harap program ini dapat melibatkan semua unsur sehingga dapat memanfaatkan program ini dan anak miskin bisa sekolah tanpa memikirkan biaya. Sasaran program ini memang difokuskan kepada anak yang kurang mampu secara ekonomi. Untuk itu harus dipastikan program ini dilaksanakan secara serius dan cepat dalam penyalurannya, serta tepat sasaran,” tegasnya.

Lalu lanjut Rosyid, PIP merupakan titik terang bagi dunia pendidikan, terlebih di tingkat madrsah dalam naungan Kementerian Agama. Dengan adanya dana bantuan yang langsung diberikan kepada peserta didik agar penggunaannya harus tepat sasaran.

“Sehingga dapat dimanfaatkan seperti pembelian buku dan alat tulis, pakaian dan perlengkapan sekolah seperti tas dan sepatu, dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan pendidikan,” pungkasnya.