Fenus : Jadikan HSP Inspirasi Untuk Membangun Kesadaran Kolektif Bangsa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) OKU Timur menggelar kegiatan Jalan Sehat dan Festival Band. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 tahun 2018. Kegiatan yang diikuti oleh pelajar dan masyarakat ini start dari Tugu Tani Taman Pasar Martapura dan finish di Taman Tani Merdeka (TTM), Minggu (28/10/2018).

Menurut ketua DPD KNPI OKU Timur Fenus Antonius, SE mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum bersejarah yang penting dan menjadi bagian dari yang tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa. Oleh karena itu semangat sumpah pemuda perlu di aktualisasikan agar relevan sepanjang zaman.

“Pemuda yang mempunyai semangat solidaritas adalah pemuda yang mampu menumbuhkan empati, sosial, merasakan penderitaan orang lain dan memiliki kemampuan untuk berbagi rasa. Serta, pemuda yang berintregrasi yakni pemuda yang berakhlak mulia, jujur, terbuka, serta memegang teguh komitmen, sedangkan pemuda yang profesional yaitu memiliki etos kerja, kreatif, inovatif, terampil, tingkat produktivitas tinggi dan berdaya saing,” katanya.

Selain untuk memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, lanjut kata Fenus, kegitan jalan sehat ini dilakukan untuk mengajak semua masyarakat hidup sehat melalui olahraga serta meningkatkan silaturahmi antar sesama. Sesuai dengan tema langkah pasti pemuda, dirinya selaku ketua pemuda merasa terpanggil untuk mempunyai peran terhadap masyrakat untuk memberikan kontribusi dalam kemajuan daerah.

“Di era globalisasi ini, semangat sumpah pemuda harus dijadikan inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda. Hal itu bisa eksis jika mengacu pada tiga pilar, yakni solidaritas, intregritas, dan profesional,” tegasnya.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pemuda, Olahraga, Pendidikan dan Tekhnik informatika Yan Antoni, A.Md didampingi ketua pelaksana Abdi menambahkan, meningkatnya kualitas pemuda akan berimplikasi positif terhadap upaya mengatasi masalah pengangguran, kesejahteraan, dan menurunnya tingkat kemiskinan penduduk.

“Ini merupakan wujud dari program DPD KNPI OKU Timur dalam menyatukan pikiran, hati dan langkah untuk menuju masyarakat yang sejahtera serta sebagai wujud dari kesamaan ucapan dan tindakan antar masyarakat. Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara berkelanjutan. Semoga melalui peringatan ini, kita akan selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita,” terangnya.

Saat jalan sehat, Ketua DPD KNPI OKU Timur terlihat bersama Asisten III, Wakil Ketua TP PKK, Camat Martapura berbaur bersama ratusan pelajar dan masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan jalan sehat.