Peringati HKN ke-54, Puluhan Pasien Katarak OKU Timur Dioperasi Gratis

DALAM rangka menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) nyang ke-54 Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Kesehatan mengelar Operasi Katarak Gratis Sabtu (27/10/2018) yang berlokasi di RSUD Martapura.

Operasi katarak gratis tersebut merupakan salah satu event yang digelar dalam rangka memeriahkan HKN yang akan jatuh pada 12 November mendatang. Sebanyak 52 orang pasien yang merupakan warga Kabupaten OKU Timur dioperasi secara gratis.

HM Kholid MD dan Fery Antoni

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin mengatakan, operasi katarak tersebut merupakan rangkaian dalam rangka menyambut HKN ke-54. Selama pelaksanaan operasi kata dia, tenaga medis yang dilibatkan sebanyak empat orang dokter spesialis mata yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan.

Zainal Abidin

“Dari kabupaten OKU Timur juga ada dua dokter yang membantu kegiatan tersebut. Setelah melaksanakan operasi, bagi pasien yang rumahnya dekat dengan RSUD maka dipersilahkan pulang. Sedangkan yang rumahnya jauh dari RSUD dipersilakan untuk menginap untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur saat melakukan operasi katarak gratis bersama sejumlah dokter.

Zainal berharap dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat meringankan beban beban masyarakat terutama yang menderita penyakit katarak mengingat tingginya biaya operasi katarak.

Sejumlah dokter saat melakukan operasi katarak gratis dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.

“Semoga penderita katarak di OKU Timur dapat menurun bahkan kalau bisa tidak ada lagi penderita katarak di OKU Timur. Untuk jangka panjang di OKU Timur diharapkan tidak ada lagi penderita katarak. Dengan dilaksanakannya operasi ini diharapkan mampu mengurangi jumlah penderita katarak,” katanya. (adv).

Sejumlah dokter saat melakukan operasi katarak gratis dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.