OKU Timur Rawan Bencana, BPBD Gelar Pelatihan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk meningkatkan kemampuan personil serta kesiapan personil dan peralatan penanganan tanggap darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur mengelar sosialisasi dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana. Karena secara geografis Kabupaten OKU Timur merupakan daerah rawan bencana seperti bencana banjir, bencana angin puting beliung dan tanah longsor. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Dewi II Kabupaten OKU Timur, Selasa (30/10/2018).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi yang diwakili oleh Assisten I Dwi Suprianto mengatakan, di Kabupaten OKU Timur terdapat ancaman bencana seperti bencana banjir, bencana angin puting beliung dan tanah longsor. Untuk antisipasi terjadi bencana maka perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana.

“Kegiatan ini untuk memberikan panduan tentang tugas dan fungsi tim kura-kura ninja terutama dalam penanggulangan bencana secara terarah, terpadu, cepat dan tepat apabila terjadi bencana. Seperti banjir, kebakaran hutan dan lahan serta tanah longsor,” katanya.

Lalu lanjut kata Dwi, sosialisasi dan pelatihan ini merupakan suatu bentuk perhatian pemerintah daerah untuk membantu masyarakat ketika terjadi bencana. Dengan demikian dirinya berharap aga masyarakat dapat bekerja sama, berkoordinasi serta dapat mengfungsikan tim kura-kura ninja dalam penanganan masalah bencana khususnya di Kabupaten OKU Timur.

“Saya berharap tim kura-kura ninja bisa berperan aktif sebagai garda terdepan dalam menanggulangi setiap bencana dan membantu masyarakat dalam penanggulangan. Serta peserta pelatihan ini berikan pemahaman terhadap relevansi program penanggulangan bencana dalam melakukan pembinaan, pengendalian dan pelaksanaan khususnya penanggulangan bencana di wilayah OKU Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten OKU Timur MGS H Habibullah, S.IP, MM, mengatakan, sebanyak 150 orang peserta mengikuti kegiatan pelatihan tersebut yang terdiri dari 100 orang dari Kecamatan, dan 50 orang dari Team Kura-kura Ninja. Selain sosialisasi dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana ini, peserta akan melanjutkan pelatihan peralatan di lapangan taman atau kolam yang ada dilingkungan Pemkab OKU Timur.

“Kita akan lanjutkan sosialisasi pelatihan peralatan ini di Kolam yang berada dilingkungan Pemkab OKU Timur. Kepada pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana Kabupaten OKU Timur agar sekiranya dapat memberikan bimbingan dan arahan,” ungkapnya.