Percepat Laporan Pekerja Sosial, Dinsos Launching Aplikasi Google Drive

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dinas Sosial (Dinsos) OKU Timur melaunching Penggunaan Aplikasi Google Drive yang diperuntukkan untuk seluruh tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dilingkungan Dinas Sosial se-Kabupaten Oku Timur. Hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan laporan bulanan pekerja sosial di wilayah kerja Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan dibuka langsung Kepala Dinas Sosial OKU Timur Juwariyah, SE,MM serta dihadiri Sekretaris Dinsos, seluruh Kabid, Kasi dan Kasubbag serta 118 peserta SDM PKH yang terdiri dari koordinator kabupaten, supervisor, operator dan pendamping PKH se-Kabupaten OKU Timur, yang berlangsung di Kantor Dinas Sosial OKU Timur, Jalan Merdeka Cidawang Kelurahan Paku Sengkunyit, Kecamatan Martapura.

Menurut Kasubbag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial OKU Timur Ariswan,SE.,MM mengatakan, selain untuk mempercepat pelaporan bulanan pekerja sosial launching aplikasi Google Drive juga untuk mempermudah proses pengiriman laporan karena melalui online serta menghemat biaya pembuatan laporan.

“Selama ini pekerja sosial memberikan laporan masih memakai cara manual dengan berbentuk salinan cetak (Hardcopy)  yang sering kali laporan yang mereka sampaikan sering terlambat karena terkendala jarak dan waktu. Dengan adanya aplikasi Google Drive ini mereka bisa mempercepat proses pengiriman laporan melalui online ke Dinas Sosial dengan lebih cepat, akurat dan tepat waktu. Selain itu berbagai dokumen bisa dikirim melalui aplikasi ini baik dokumen berbentuk word dan excel maupun dokumen berbentuk video dan gambar,” kata Ariswan.

Untuk penggunaannya, lanjut kata Ariswan, setiap pendamping PKH wajib mendownload aplikasi google drive melalui play store di smartphone android, setelah mendownload aplikasi pendamping PKH tinggal login ke aplikasi dengan cara membuat akun email terlebih dahulu. Setelah memasukan akun email dan password yang bersangkutan maka secara otomatis mereka sudah bisa membuat berbagai macam laporan yang menunya sudah tersedia di aplikasi google drive.

Jika dokumen laporan sudah dibuat di aplikasi google drive selanjutnya mereka bisa kirim secara online keakun Dinas Sosial melaui Kasubbag perencanaan, evaluasi dan pelaporan dan menjadi laporan bulanan mereka.

“Launching aplikasi ini juga bagian dari tahapan akhir pada kegiatan saya saat mengikuti diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan VII tahun 2018 di BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan. Judul proyek perubahannya adalah akuntabilitas pekerja sosial dalam rangka percepatan laporan berbasis aplikasi Google Drive pada dinas sosial Kabupaten OKU Timur,” jelasnya.

Sementara, Kadinsos OKU Timur Juwariyah, SE,MM menambhakn, dirinya sangat mendukung adanya launching aplikasi berbasis google drive yang diterapkan di Dinsos OKU Timur. Dimana sistem pelaporan berbasis aplikasi ini merupakan yang pertama dilakukan oleh pendamping PKH di Sumsel dan baru Kabupaten OKU Timur yang memulai yang melaksanakan laporan secara online. Sedangkan dikabupaten/kota lainnya sistem laporan PKH masih berbentuk hardcopy.

“Semoga dengan adanya aplikasi ini seluruh pelaporan pekerja sosial di Kabupten OKU Timur semakin baik dan tepat waktu, sehingga pelaksanaan laporan bulanan secara online yang akan dimulai pertama kali awal november ini berjalan dengan lancar karena tenggat waktunya paling lambat tanggal 5 setiap bulannya,” harapnya.