Bantu Masyarakat Dengan Bentuk Pos Sehat Serta Rumah Baca Bintang

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk mempermudah pelayanan kesehatan serta menebar manfaat kepada masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu, Desa Sukabumi, Kecamatan Cempaka membentuk Pos Sehat dan Rumah Baca Bintang (RBB) bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sumsel.

“Jika dalam melakukan kebaikan tentu akan banyak sekali memberikan manfaat, terutama kebaikan dimaksudkan bagi masyarakat luas. Selain mendapatkan pahala karena berbuat baik, diharapkan keberadaan pos sehat dan rumah baca ini nantinya dapat meningkatakan kebersamaan dan silaturrahmi masyarakat serta memacu semangat berukhuwah,” terang pembina Rumah Baca Bintang Rizki Asmuni, SKM, MKM saat penandatanganan MoU di Puskesmas Cempaka.

Pendirian Pos Sehat Bintang, lanjut kata Rizki, merupakan bagian dari program pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. Program ini merupakan kerjasama dengan Dompet Dhuafa Sumsel yang mempunyai tujuan yang sama yaitu memberikan kebermanfaat untuk umat dan pos sehat ini berbasis masyarakat.

“Bahasa lugasnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat serta seutuhnya dikelola masyarakat,” ujar Rizki.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Cempaka, Masdar, S.Sos menyampaikan, dirinya sanagat mendukungan dan memberikan apresiasi atas terbentuknya pos sehat di Desa Sukabumi. Dimana hal ini sebagai salah satu pusat layanan kesehatan untuk masyarakah terutama masyarakat yang kurang mampu.

“Saya mewakili Camat Cempaka sangat mendukung pembentukan pos sehat ini dan juga berterima kasih kepada Dompet Dhuafa Sumsel yang sudah bersedia bekerja sama dalam pembentukan pos sehat, kami berharap pos sehat ini bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Masdar.

Selain itu, Kepala Puskesmas Cempaka, dr. Enda Rukmana, M. Kes juag memberikan dukungan atas terbentuknya pos sehat bintang, karena selaras dengan program yang ada di puskesmas.” Semoga bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang cukup jauh aksesnya dengan puskesmas sehingga masyarakat bisa mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Program Dompet Dhuafa Sumsel Afrizal menambahkan, Dompet Dhuafa Sumsel sendiri merupakan lembaga Amil Zakat yang mempunyai program kesehatan untuk masyarakat yang kurang mampu. Dimana hadirnya pos sehat ini diharapkan bisa menjadi pusat layanan kesehatan di tengah masyarakat dimana akses menuju puskesmas cukup jauh.

“Pos Sehat merupakan salah satu program kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat seperti yang akan dilakukan di Desa Sukabumi, Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur ini, Pos sehat ini bukan berarti akan menggantikan peran puskesmas tapi kita akan bersinergi untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.