Unit Produksi SMKN 1 Martapura Buka Salon Mobil

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Unit produksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Martapura membuka salon mobil dengan mamanfaatkan lokasi parkir dilingkungan sekolah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa-siswi khususnya dibidang jurusan otomotif.  Salon mobil tersebut melakukan jasa membersihkan jamur kaca, poles body (exterior), interior serta pembersihan kerak mesin mobil.

Menurut Kepala SMKN 1 Martapura Drs Ribut Setiadi mengatakan, selain melayani perawatan bodi luar dan bodi dalam mobil, salon mobil ini juga melayani jasa pencucian mesin dan pergantian oli mobil yang dikerjakan langsung oleh pembimbing jurusan otomotif bersama beberapa siswa dengan didukung peralatan yang lengkap.

“Dibukanya salon mobil ini untuk mengajarkan siswa secara langsung bagaimana cara melakukan perawatan dan perbaikan mobil sehingga nantinya siswa mempunyai keterampilan sebagai modal jika sudah tamat sekolah. Selain mobil, salon ini juga bisa untuk motor,” jelasnya.

Lalu lanjut Ribut, mengenai penghasilan yang didapat selain untuk kembali dibelikan bahan perlengkapan juga sebagai penunjang untuk membeli peralatan otomotif.

“Untuk penghasilan sepenuhnya kita serahkan kepada pihak jurusan otomotif untuk kebutuhan perlengkapan sarana prasarana,” jelasnya.

Sementara, Hariri yang sering akrab disapa Aak selaku pembina salon mobil mengatakan, untuk proses pengerjaan satu mobil memakan waktu setengah hari hingga satu hari tergantung kondisi mobilnya. Dimana dalam satu paket pengerjaan ada empat poin yang dilakukan diantaranya membersihkan jamur kaca, poles bodi (eskterior), interior dan membersihkan bagian mesin.

“Sedangkan untuk biaya satu paket pengerjaan mobil di bandrol dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp1 juta tergantung jenis mobil dan tingkat kesulitannya,” katanya

Untuk poles body luar, masih kata Hariri, pertama menghilang goresan dilakukan poles body mobil dengan menggunakan bahan khusus. Setelah itu body mobil di poles lagi dengan bahan khusus yang kedua yang telah disediakan untuk mencegah penyerapan air ke bodi supaya body mobil tetap mengkilat tahan lama.

“Sedangkan interior, membersihkan segala bentuk kotoran dari jok degleding plafon dan lantai. Serta untuk mesin di cuci dengan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran-kotoran di mesin,” pungkasnya.

Selain itu, untuk memudahkan konsumen yang mobilnya akan disalon dirinya juga melakukan sistem jemput bola. “Jika ada yang konsumen yang mobilnya mau disalon cukup menghubungi nomor telpon kita 0821 8202 6587 dan kita siap untuk mengambil mobil,” pungkasnya.