SMK Kesehatan Bina Marta Wakili Sumsel Dalam Ajang LKS Tingkat Nasional

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Marta mewakili provinsi Sumatera Selatan dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Kesehatan tingkat Nasional. Lomba ini diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud dan bekerja sama dengan Persatuan SMK Kesehatan Seluruh Indonesia (Persemki). Kegiatan yang dilaksanakan di Surabaya 12 sampai dengan 15 November 2018 ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK Kesehatan baik berdasarkan standar kurikulum yang berlaku ataupun berdasarkan skema kompetensi asisten tenaga kesehatan Indonesia yang berlaku.

Menurut ketua Yayasan Bina Marta KRT H. Mursyid SIP.,MM.,MSi saat dibincangi wartawan mengatakan, SMK Bina Marta mengirimkan tiga siswa yang mengikuti tiga bidang LKS. Rere Jesica mengikuti bidang keperawatan, untuk bidang Farmasi Komunitas dan Klinik diikuti oleh leli utari dari SMK Kesehatan Bina Marta Martapura, sedangkan untuk bidang teknologi laboratorium medik diikuti oleh Yunda Nirmalasari.

“Kami sangat mendukung penuh dengan kegiatan LKS tingkat nasional ini. Serta SMK Kesehatan Bina Marta sebagai satu satunya wakil dari provinsi Sumatera Selatan, akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menorehkan prestasi terbaiknya di Surabaya, dan tidak lupa kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sumsel,” katanya, Senin (12/11/2018).

Lalu lanjut kata Mursyid, SMK Bina Marta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengfokuskan di bidang kesehatan, maka melalui LKS ini berharap peserta didik bisa berkompetisi dengan SMK Kesehatan seluruh indonesia. Selain itu, dengan kegiatan ini dapat menjadi salah satu media bagi peserta didik untuk menggali dan meningkatkan potensinya di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi peserta didik agar menjadi unggul dan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Serta peserta didik dapat mengaplikasikan kompetensi yang profesional mandiri

Sementara, Leli Utari siswa yang mengikuti LKS bidang farmasi komunitas dan klinik mengatakan, dirinya merasa bangga karena bisa mewakili dari SMK Bina Marta mengikuti LKS tingkat nasional. Ia juga mengaku sangat senang karena dengan mengikuti lomba ini dapat menambah wawasan dan pengalaman di bidang kesehatan.

“Saya sangat bangga karena bisa berkempatan mewakili sekolah dan daerah. Saya berharap bisa berhasil dan sukses saat mengikuti lomba sehingga dapat mengharumkan nama sekolah maupun daerah. Serta saat kembalinya dari lomba tersebut saya dapat berbagi pengalaman dengan teman-teman dan adek kelas,” ujarnya.

Saat ditanya soal persiapan lomba, Leli menyampaikan, bahwa seminggu sebelum keberangkatan dirinya sudah belajar setelah pulang sekolah dengan guru pembimbing. Selain persiapan materi pembelajaran ia juga melakukan persiapan mental karena menurut dia kondisi mental juga sangat berpengaruh dalam lomba.

“Kami telah mengikuti belajar tambahan yang di laksanakan seusai jam sekolah usai. Biasanya kami melakukan bersama teman-teman dan di temani guru pembimbing,” pungkasnya.