Limbah Sampah Masyarakat OKU Timur Capai 84 Ton Perhari

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk sampah yang terangkut di Bumi Sebiduk Sehaluan ke TPA mencapai 120 meter kubik perhari atau sekitar 84 ton perhari. Saat ini daya tampung Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) yang ada di Martapura dan Belitang sekitar satu hektar ini telah mengalami over kapasitas sampah.

“Jadi 120 meter kubik sampah ini kita ambil dari tiga zona dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Lingkungan Hidup diantaranya Kecamatan Martapura, Buay Madang dan Belitang,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Nur Subgyo MTP melalui Kabid Pengelolaan Persambangan dan Limbang B3 Suhaimi.

Sedangkan untuk wilayah Buay Madang dan Belitang kata Suhaimi, sudah ada TPA yang baru sekitar 3,8 hektar yang berlokasi didesa Gunung Rejo, Kecataman Buay Madang Timur. Diharapkan bisa menampung sampah diwilayah tersebut.

“Kedua TPA ini sudah tidak mampu lagi menampung sampah di OKU Timur. Rencana kedepan untuk TPA Martapura kita akan melakukan penambahan lokasi pembuangan akhir sampah,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, untuk wilayah Kecamatan Martapura Dinas Lingkungan Hidup menerjunkan tujuh armada pengangkut sampah, sedangkan Kecamatan Buay Madang satu armada pengangkut sampah. Sementar untuk wilayah Belitang empat armanda pengangkut sampah.

“Seluruh armada pengangkut sampah ini bekerja setiap hari. Untuk cara pengakutan sampah dilakukan setiap armada dua ret perhari,” jelasnya.

Untuk pengelolaan sampah yang ada di Tempat Pemberosesan akhir sampah dilakukan secara kontrol rentil serta adanya proses pemilahan sampah organik dan an organik. Sedangkan an organik, dipilah untuk di daur ulang sehingga menjadi tambahan nilai ekonomi untuk para pekerja.

“Sampah organik diproses menjadi pupok kompos yang akan kita gunakan untuk pemupukan taman-taman yang ada di OKU Timur. Dari pemerosesan sampah menjadi pupuk kompos ini perhari bisa menghasilkan 15 kilo pupuk kompos. Untuk volume sampah lebih didominasi oleh sampah organik dibandingkan dengan sampah an organik,” imbuhnya.