Tingkatkan Integritas dan Mutu Pelayanan RSUD Martapura Gelar Bimtek

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam rangka meningkatkan integritas dan mutu pelayanan RSUD Martapura Kabupaten OKU Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) komunikasi efektif. Hal ini dilakukan guna mendukung akreditasi RSUD Martapura serta untuk meningkatkan mutu pelayanan publik. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 380 yang terdiri dari perawat, dokter beserta staf lainya. Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Dewi II pada Selasa (13/11/2018).

Menurut Direktur RSUD Martapura Kabupaten OKU Timur Dr Dedy Damhudy mengatakan, untuk akreditasi pihaknya harus melakukan  empat pelatihan dasar seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Bantuan Hidup Dasar (BHD), Komunikasi Efektir, dan  Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI). Sedangkan untuk pelatihan PPI belum dilaksanakan akan tetapi kemungkinan besar secepatnya akan dilakukan.

“Tujuan lain Bimtek ini, untuk memahami karakteristik diri sendiri dan orang lain serta membangun hubungan yang lebih efektif melalui komunikasi. Serta meningkatkan kemampuan menyampaikan informaai verbal dan non verbal dan meningkatkan pelayanan melalui komunikasi yang baik dari petugas pelayanan,” katanya.

Sementara, Wiwin Tri Sulistiowati, S.Kep selaku ketua pelaksana sekaligus Kasi Keperawatan RSUD Martapura menyampaikan, untuk Bimtek Komunikasi Efektif pihaknya mendatangkan narasumber dari Poltekes Palembang prodi keperawatan Baturaja Ni Ketut Sujati, App M.Kes. Lalu materi yang disampaikan meliputi overview komunikasi efektif sebagai bagian safty goals, pola Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) dan TUBAK dalam komunikasi efektif.

“Serta pengaplikasian sistem SBAR dalam timbang terima, serta workshop pendokumentasian SBAR dan TUBAK dalam timbang terima dan kolaborasi,” singkatnya.