Mayjen TNI Irwan : Prajurit Harus Jaga Netralitas Saat Pemilu

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Prajurit harus menjaga netralitas dalam Pileg dan juga Pilpres serta tetap jaga sinergitas antara TNI dan Polri agar berjalan dengan baik. Hal tersebut disampaikan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum saat melakukan kunjungan kerja ke Batalyon Armed 15/105 Tarik Martapura, Rabu (14/11/2018).

“Prajurit Kodam II/Sriwijaya dimanapun dia berada dan bertugas harus menjaga kebersamaan serta menjaga kesatuan antar prajurit. Kemudian jaga netralitas TNI dalam rangka Pileg dan Pilpres 2019 nanti serta telah menjadi komitmen kita bersama untuk menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu 2019 nanti,” kata Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum, ketika diwawancarai awak media.

Lalu lanjut kata Irwan, kunjungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi prajurit di Batalyon yang ada di wilayah Kodam II/Sriwijaya. Sebelum meninjau Batalyon Armed 15/105 Tarik dirinya bersama rombongan melakukan kunjungan ke wilayah Muara Enim dan Lahat.

“Kegiatan ini sesuai program kerja Kodam II/Sriwijaya, bahwa kita akan melakukan kunjungan kerja ke seluruh satuan dan jajaran Kodam II/Sriwijaya baik yang ada di provinsi Sumatera Selatan maupun yang ada di provinsi provinsi di Sumbangsel lainnya. Kunjungan kerja ini untuk melihat kondisi Batalyon, kesatuan prajurit,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga Pangdam II/Sriwijaya meresmikan secara langsung kolam renang taktis Cailendra, dirinya berpensan agar prajurit dapat memanfaatkan kolam renang ini untuk latihan agar dapat meningkatkan kemampuan renangnya. Selain itu, besok dirinya akan menghadiri latihan puncak Antar Cabang (Ancab) yang akan dilaksanakan di Puslatpur. Latihan Ancab ini merupakan program rutin yang diadakan oleh TNI AD supaya dapat memanfaatkan potensi dari Puslatpur ini untuk dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dari prajurit-prajurit TNI AD.

“Semoga dengan adanya kolam renang taktis ini dapat meningkatkan kemampuan prajurit serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Lalu, dengan latihan Ancab ini dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dari prajurit-prajurit dan kesatuan TNI AD,” jelasnya.

Sementara, Danyon Armed 15/105 Tarik Mayor Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani mengatakan, sebenarnya kunjungan ini merupakan agenda yang Kodam II/Sriwijaya untuk meningkatkan moril prajurit yang bertugas di Batalyon Armed 15/105 Tarik. Pada kesempatan kunjungan ini juga Pangdam melakukan penanaman pohon asli dari OKU Timur, peresmian kolam taktis serta meninjau bangunan di seluruh Batalyon.

“Kunjungan Pangdam ini untuk meningkatkan moril para prajurit agar dapat menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, pangdam juga meresmikan secara langsung kolam renang taktis Cailendra, karena prajurit harus bisa berenang memakai peralatan lengkap seperti helm, senjata dan pakaian loreng. Diharapkan dalam waktu dekat bisa digunakan secara maksimal oleh prajurit untuk latihan,”

Selain itu lanjutnya, dengan adanya kunjungan Pangdam ini bukan akhir dari latihan, “Karena nanti awal desember pihaknya akan melakukan latihan bersama satuan Batalyon lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kunjungan Pangdam II/Sriwijaya, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi, Kajari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH Mhum, berserta jajaran Pemerintah Daerah OKU Timur.