Selama Operasi Zebra 2018, 254 Pengendara Tidak Memiliki SIM

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR –  Satlantas Polres OKU Timur telah mengeluarkan sebanyak 588 surat tilang bagi pengendara yang melanggar. Banyaknya surat tilang yang keluar karena pengendara terkena pelanggaran saat Operasi Zebra Musi digelar dari 31 Oktober hingga 12 November 2018 yang lalu.

Menurut, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK melalui Kasat Lantas AKP Beni Nofiza didampingi KBO Lantas Iptu Yasman mengatakan, hingga hari terakahir Operasi Zebra Musi 2018, pelanggaran masih didominasi oleh pengendara roda dua maupun sepeda motor.

“Untuk jumlah tilang sebanyak 588 surat tilang, jumlah teguran 147, sementara pelanggaran tidak memiliki SIM sebanyak 254, dan pelanggaran tidak memiliki STNK sebanyak 228, kendaraan yang ditilang sebanyak Ranmor 76,” katanya.

Selama Operasi Zebra Musi 2018, lanjut kata dia, pelanggaran masih didominasi pengendara sepeda motor. Jenis pelanggaran diantaranya tidak memakai helm, mengendarai sepeda motor dibawah umur.

“Sedangkan untuk pengendara roda empat yang ditindak sebagian besar karena tidak mengenakan sabuk pengaman,” ungkapnya .

Bahkan bagi pelanggar yang tidak menggunakan helm diberi hadiah helm dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat terutama pengendara sepeda motor agar menggunakan helm saat berkendara.

“Selain menindak bagi pelanggar lalulintas, kita juga selalu mengingatkan masyarakat agar mematuhi peraturan lalulintas,” tegasnya.