Kembangkan Bakat Kreatifitas Pemuda di Bidang Teknologi, Disporapar Gelar Bimtek

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk mengembangkan bakat kreatifitas dan memberikan apresiasi kepada pemuda dan pemudi agar termotivasi untuk mengembangkan ilmu dan teknologi untuk kemajuan daerah khususnya OKU Timur, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) OKU Timur mengadakan Bimtek pengembangan informasi Kepemudaan berbasis e-Youth. Peserta Bimtek ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari perwakilan siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Dewi II Kotabaru Selatan, Selasa (27/11/2018).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi melalui Assisten III Ir. M. Husin dalam sambutannya mengatakan, dalam organisasi pemerintah, dukungan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat penting kedudukannya. Teknologi informasi dan komunikasi juga sangat membantu dalam perbaikan kinerja organisasi.

“Konsep perkantoran modern tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi. Ketika belum dikenal komputer, pekerjaan yang dilakukan pada instansi pemerintah prosesnya sangat lambat walaupun pekerjaannya diselesaikan. Efisiensi dan efektivitas tentu berbeda tingkat capaiannya dibandingkan dengan saat ini ditunjang dengan penggunaan teknologi informasi,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, kegiatan ini sebagai wadah peningkatan kreatifitas dan motivasi diri dalam berkarya khususnya bagi pemuda generasi penerus negeri ini serta diharapkan akan membawa nilai positif bagi masyarakat daerah khususnya OKU Timur. Kemudian, beberapa hal pokok yang dikemukakan merupakan gambaran umum yang menjadi tugas bersama untuk memajukan perkembangan informasi, ilmu dan teknologi untuk kemajuan daerah OKU Timur dimasa mendatang.

“Saya berharap kegiatan Bimtek ini akan terus dilaksakan dan disempurnakan baik dari aspek kuantitas peserta maupun kualitas penyelenggaraan. Sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat terwujud secara optimal,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata OKU Timur Wakimin S.Pd M.M mengatakan, selain untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas kegiatan ini juga untuk membentuk generasi muda yang berjiwa kewirausahaan yang mandiri khususnya di bidang pemanfaatan teknologi satelit. Karena melalui kegiatan ini diharapkan pemuda dapat memiliki keterampilan di dalam bidang teknologi dan tidak ketinggalan informasi yang baik dalam bidang pengembangan teknologi dan informasi.

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan pemuda dapat memiliki keterampilan di bidang teknologi dan informasi. Sehingga pemuda dapat mandiri dalam berwirausaha serta dapat memanfaatkan teknologi yang positif bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten OKU Timur,” ujarnya.

Sedangkan, Bima Wahyu, salah siswa peserta Bimtek menyampaikan, kegiatan sangat berguna bagi dirinya dan teman teman, karena terdapat manfaatnya. Karena kita dapat lebih tahu lagi tentang teknologi setalit dan informasi, apalagi televisi sekarang ini merupakan salah satu kebutuhan hiburan yang digunakan sehari-hari.

“Cara tracking parabola ini bisa dimanfaatkan diri sendiri dan masyarakat umum. Karena sekarang siaran televisi sudah jadi kebutuhan hiburan masyarakat,” singkatnya.