Pelajar Asal OKU Timur Raih Juara II Nasional Lomba LKTIN

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Tim pelajar SMA N 1 Belitang (Smansabel) yang tediri dari Damianus Tri Handoko, Bima Abdi Prasetio dan Antonius Fajar Harjanto berhasil meraih juara II tingkat nasional pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Local Food Innovation Competition (LFIC). Kegiatan lomba yang mengusung tema optimalisasi bahan pangan lokal untuk pembangunan bidang pangan Indonesia ini digelar Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan fakultas Teknik, di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah dari sebanyak 63 tim pendaftar diseluruh indonesia, hingga diseleksi menjadi 30 tim abstrak dan full paper, selanjutnya hanya di ambil 7 tim, finalis kita bisa meraih juara dua. Hal ini tidak terlepas dari kerja sama tim yang baik sehingga menghasilkan prestasi ini,” ungkap kepala SMAN 1 Belitang H Prioyitno melalui pendamping Agung Subaryanto.

Dikatakan, untuk proses persiapan, satu bulan sebelum tahap pendaftaran hingga menjadi finalis, dirinya bersama tim yang terdiri dari tiga siswa terlebih dahulu mencari ide. Setelah itu, tim melakukan eksperimen pembuatan permen Ciumcandy (Calcium Candy) dengan memanfaatkan limbah tulang ikan gabus menjadi makanan berkalsium tinggi.

“Selain mendapatkan piagam, tim kita juga mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan tropy piala. Selain itu, mendapatkan kesempatan mengikuti seminar nasional yang mendapat sertifikat,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan diraihnya prestasi ini kedepan siswa dan siswi dapat lebih mengembangkan ide-ide kreatif dalam penyempurnaan penelitiannya sehingga dapat menciftakan hal yang baru.

“Semoga penemuan ini dapat di kembangkan dan diterima oleh masyarakat secara luas agar hasilnya dapat berkesinambungan,” pungkasnya.