BEM STISIP Bina Marta Pertanyakan Pelebaran Jalan Nasional

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Bina Marta Martapura melakukan aksi damai ke Pemerintah Kabupaten OKU Timur. Aksi tersebut terkait dengan kebijakan Pemkab OKU Timur yang melakukan pelebaran jalan nasional padahal masih banyak jalan kabupaten yang masih belum dibangun. Meski sempat terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa STISIP Bina Marta Martapura dengan anggota pengamanan akhirnya rombongan mahasiswa diizinkan masuk dan disambut langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi berserta Sekda OKU Timur, Kapolres OKU Timur, kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur.

Menurut Ruslan Komarudin selaku koordinator lapangan aksi damai yang juga Presiden Mahasiswa mengatakan, bahwa BEM STISIP Bina Marta Martapura mengkritisi pelebaran jalan nasional yang menggunakan anggaran APBD OKU Timur, karena jalan Kabupaten OKU Timur lebih membutuhkan anggaran tersebut. Pihaknya menganggap Pemkab OKU Timur tidak sensitif terhadap kondisi jalan Kabupaten yang ada.

“Kami mendorong Pemkab OKU Timur dalam pelaksanaan pembangunan juga mendengar aspirasi dan keluhan masyarakat. Serta kami akan juga mendorong agar Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur dapat segera melaksanakan visi dan misi mereka dalam kampanye mereka dahulu yaitu mewujudkan OKU Timur aman nyaman tanpa jalan berlubang,” katanya saat dibincangi seusai aksi damai berlangsung.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi menyampaikan, awalnya jalan nasional yang berasa di Kotabaru Selatan di simpang lengot atau di depan tugu adipura sering terjadi kepadatan lalu lintas, sehingga sering terjadi kemacetan dan juga sering terjadi kecelakaan. Pembangunan ini juga merupakan hasil dari kajian yang telah disampaikan oleh berbagai stakeholder.

“Selain itu, di pinggir nasional tersebut telah dibangun Masjid Raya OKU Timur serta akan dibangun pusat oleh-oleh daerah. Serta nanti pada tahun 2021 akan ada dua event tingkat provinsi, pertama lomba MTQ serta pekan olahraga provinsi. Sehingga persiapan infrastruktur di mulai dari sekarang,” ujarnya.