Kendaraan ODOL Sidang di Tempat

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Setelah melakukan sosialisasi kepada pengguna kendaraan roda empat khususnya mobil yang bermuatan pada tanggal (18/11/2018) lalu, Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Kota Baru Kabupaten OKU Timur melakukan Giat Penindakan dan sidang di tempat. Sidang tersebut dilaksanakan apabila terdapat kendaraan angkutan yang Over Dimension dan Over Load (ODOL). Kegiatan ini melibatkan Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Kepolisian, Danpom juga Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Timur, pada Selasa, (4/12/2018).

Menurut Dian syahri selaku Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Unit Pelaksana UPPKB Kota Baru OKU Timur mengatakan, pihaknya berhasil menilang puluhan kendaraan angkutan barang, serta yang mendominasi ialah pelanggar dengan kategori bermuatan lebih (Over Load). Sanksi yang diberikan kepada pelanggar ODOL ini yakni berupa tilang dan sidang ditempat.

“Sasaran kendaraan yang melanggar jelas meliputi kendaraan angkutan barang yang melanggar ODOL (Over Dimension, Over Load), juga kelengkapan surat kendaraan, dari data yang sudah diterima jenis pelanggaran yang mendominasi yakni kendaraan bermuatan lebih (Over Load)”, katanya saat diwawancarai salah satu wartawan.

Lalu lanjut kata Dian, jika ada kendaraan yang melebihi Jumlah Berat Yang di Izinkan (JBI) maka kebijakan yang akan diberikan berupa bongkar muatan ditempat. Operasi ini akan berlangsung hanya satu hari, namun untuk kegiatan yang sama akan dilakukan pada bulan berikutnya. Untuk sementara ini UPPKB hanya memberikan sanksi bagi pelanggar berupa tilang.

“Namun sampai saat ini belum ada kita menemukan kendaraan dengan berat melebih 100 persen. Operasi ini hanya dilakukan satu hari ini saja, namun kita tetap melakukan penindakan-penindakan tegas terhadap pelanggaran yang melintas,” tutupnya.