Beranda OKU TIMUR Puluhan Operator Simda BMD Ikuti Pelatihan

Puluhan Operator Simda BMD Ikuti Pelatihan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU Timur pelatihan Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Daerah (Simda BMD). Sebanyak puluhan pengurus barang dan operator dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Kabupaten OKU Timur tampak serius mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama enam hari dan dibuka pada hari Senin (10/12/2018) diadakan di Aula Kantor BPKAD OKU Timur.

Menurut Kepala BPKAD OKU Timur Agustian Pahrimale, SH melalui Sekretaris Badan Hendro Prastowo AK, didampingi Kabid Aset Maya Eka Sari SIP MM mengatakan pelatihan ini merupakan pembekalan kepada para operator agar pengelolaan aplikasi Simda BMD lebih transparan dan akuntabel.

“Aset yang dikelola oleh BPKAD ini jumlahnya bukan kecil, lebih dari 2 triliun. Untuk itu pembenahan dari sisi administrasi terus dilakukan agar terkontrol semua di BPKAD. Tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas SDM untuk operator dan pengurus barang,” jelas Hendro, Selasa (11/12/2018).

Sementara itu, Fasilitator pelatihan yang juga Admin Simda BMD OKU Timur, Wari Susanto ST, menjelaskan pelaksanaan pelatihan berlangsung selama enam hari, mulai tgl 10-17 Desember 2018. Setiap hari diikuti oleh 10 OPD, dengan masing-masing dua orang yaitu operator dan pengurus barang. Dijelaskannya lebih lanjut, kelebihan versi terbaru ini dari sebelumnya lebih praktis, informasi data lebih lengkap dan bisa terkoneksi langsung dengan Simda Keuangan.

“Fasilitator dari tim pengola barang Kabupaten OKU Timur yang sebelumnya telah dibekali pelatihan di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel selama dua minggu. Materi yang diberikan berupa pelatihan pengimputan data barang milik daerah dengan menggunakan aplikasi simda bmd versi terbaru 2.0.7.10.2. Jadi harapannya, kita bisa menyajikan data yang lebih informatif, akurat serta akuntabel,” pungkasnya.