Beranda OKU TIMUR Lakukan Pembinaan PMR, PMI OKU Timur Gelar Jumbara

Lakukan Pembinaan PMR, PMI OKU Timur Gelar Jumbara

BAGIKAN
Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi sekaligus ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten OKU Timur saat menyempatkan tanda peserta kepada anggota PMR.

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi sekaligus ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten OKU Timur membuka secara langsung kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) se OKU Raya dan Way Kanan. Peserta yang mengikuti terdiri dari 12 sekolah dari OKU Timur, OKU, OKU Selatan dan Way Kanan baik tingkat Madya maupun tingkat Wira. Pada kesempatan itu Kholid menyampaikan JUMBARA merupakan satu bentuk kegiatan pembinaan yang merupakan ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi, juga merupakan kegiatan evaluasi, serta dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam suasana gembira, bersahabat dan pastisipatif.

Menurut Kholid, pembinaan genersi muda merupakan salah satu bentuk pelayan dari PMI. Selain itu juga, PMR merupakan generasi muda PMI sebagai cikal bakal sukarelawan masa depan PMI. Proses Pembinaan PMR dilaksanakan oleh Sekolah di mana unit PMR berada, PMI Kabupaten OKU Timur bersama-sama dengan PMI Provinsi Sumatera selatan dan instansi terkait.

“Pembinaan ini dilaksanakan dengan mengacu pada manajemen Pembinaan PMR untuk menciptakan remaja yang memiliki karakter “Bersih, Sehat, memiliki jiwa Kepemimpinan, Peduli, Kreatif, mampu bekerjasama, Bersahabat dan Ceria”. JUMBARA ini dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dengan mengurangi sifat kompetisi/lomba dan lebih menekankan pada evaluasi bersama dikaitkan dengan proses Pembinaan PMR sesuai dengan tugas, peran dan fungsi masing-masing komponen,” katanya, saat sambutan pembukaan acara JUMBARA di halaman SMKN 1 Martapura, pada Senin (17/12/2018).

Dikatakan, sesuai dengan Visi PMI yaitu mampu dan siap menyediakan pelayanan kepalangmerahan dengan cepat dan tepat dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan sabit merah internasional. Serta Misi PMI yang pertama menyebarluaskan dan secara konsisten Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kedua melaksanakan kesiapsiagaan di dalam penanggulangan bencana dan konflik yang berbasis pada masyarakat. Ketiga Memberikan bantuan dalam bidang kesehatan yang berbasis masyarakat Pengelolaan Transfusi Darah secara profesional. Selanjutnya yang kelima berperan aktif dalam penanggulangan bahaya HIV/AIDS dan penyalahgunaan NAPZA. Serta yang keenam menggerakan generasi muda dan masyarakat dalam tugas-tugas kemanusiaan.

“Selanjutnya misi PMI meningkatkan kapasitas organisasi di seluruh jajaran PMI secara berkesinambungan disertai dengan perlindungan terhadap relawan dan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas kemansuiaaan. Serta pengembangan dan penguatan kapasitas organisasi di seluruh jajaran PMI guna meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia dan dana agar Visi, Misi, dan program PMI dapat diwujudkan secara berkesinambungan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris PMI Dr Dedy Damhudy menyampaikan, bentuk kegiatan ini dikemas dalam perlombaan tujuh materi inti PMR dan ketangkasan anggota PMR. Meliputi lomba pertolongan pertama, lomba cerdas cermat tujuh materi, lomba cipta tandu darurat, lomba perawatan keluarga, lomba bongkar pasang tenda darurat, lomba dapur umum PMI serta yang terakhir pentas seni PMI.

“Kegiatan ini sesuai program kerja PMI dan perlu untuk dilaksanakan secara berkala. Sehingga dapat memotivasi anggota PMR sertta untuk memberikan rasa bangga dan kesadaran akan kemampuannya walaupun masih remaja mereka dapat berprestasi. Lalu, Jumbara ini juga sebagai ajang untuk evaluasi materi bagi anggota PMR agar dapat meningkatkan kreatifitas para sukarelawan remaja dalam bentuk evaluasi,” pungkasnya.

Selain itu lanjutnya, melalui kegiatan pembinaan yang dilakukan, diharapkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dimiliki terus dikembangkan dengan tujuan anggota PMR dapat berperan sebagai “Peer” sesuai tingkatannya; Peer Leadership untuk PMR Mula, Peer Support untuk PMR Madya dan Peer Educator untuk PMR Wira. Dengan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan ini, diharapkan keterampilan hidup meningkat dan mendorong perilaku positif pada remaja.

“Dalam JUMBARA PMR PMI Kabupaten OKU Timur ini, seluruh komponen baik Pengurus, Staf, Pembina PMR, Fasilitator PMR dan PMR tingkat Madya dan Wira dilibatkan secara aktif dalam mata rangkaian kegiatan yang satu sama lain akan saling mengisi dan memberikan gambaran secara komprehensif proses pembinaan PMR sesuai Siklus Manajemen PMR,” ujarnya.