Warga Diminta Untuk Tetap Waspada

Bupati OKU Timur HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Masyarakat diimbau agar tetap waspada karena sekarang ini sudah memasuki musim penghujan. Karena dalam kondisi saat ini situasi sedang tidak menentu dan rawan terjadi bencana. Hal ini disampaikan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi pada Rabu (19/12/2018).

“Saat ini situasi sedang tidak menentu dan bencana alam melanda setiap saat karena situasi iklim yang tidak menentu. Karena itu kita harus tetap waspada sedini mungkin,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur Mgs Habibullah menjelaskan, untuk menghadapi musim yang tidak menentu dan rawan terjadi bencana BPBD sudah melakukan sosialisasi di seluruh kecamatan yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan.

“Sosialisasi yang dilakukan  tentang harus diaktifkan Posko-Posko di tingkat kecamatan. Jika ada tanda-tanda akan terjadinya becana agar segera melapor secara berjenjang, sehingga segera dilakukan langkah-langkah pencegahan,” katanya.

Lalu lanjut Habib, daerah yang rawan banjir harus selalu waspada. Daerah rawan banjir  di Kecamatan Martapura, Tanjung Kemala, Tanjung Aman, dan Kampung Sawah, Kecamatan Cempaka, Kecamatan Semendawai Suku III dan Madang Suku I.

Petugas Tim Reasksi Cepat (TRC) dan peralatan standby serta Masyarakat Peduli Bencana yang ada di desa-desa juga siap dan selalu memberikan laporan tentang perkembangan di setiap daerahnya masing-masing. OKU Timur rawan banjir kiriman jika di daerah hulu terjadi hujan deras, karena itu kita selalu mengingatkan masyarakat harus tetap waspada,” ujarnya.