Beranda OKU TIMUR Pemuda Harus Pahami Pentingnya Penyampaian Informasi

Pemuda Harus Pahami Pentingnya Penyampaian Informasi

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Untuk membangunkan kesadaran generasi muda akan pentingnya penyampaian informasi melalui media, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten OKU Timur menggelar kegiatan pelatihan jurnalis dasar. Pelatihan ini berkerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) OKU Timur. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan umum, yang berlangsung di Aula Hotel Dewi II, Desa Kota Baru, Kecamatan Martapura, OKU Timur, pada Rabu (26/12/2018).

Menurut Ketua DPD KNPI OKU Timur Fenus Antonius SE melalui, Sekeretaris Syupriadi, mengatakan, kegiatan ini mewujudkan generasi yang kritis melalui media jurnalistik serta pelatihan diisi oleh narasumber dan praktisi yang kompeten di bidangnya. Hal ini dilakukan juga sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alenia ke empat.

“Karena dengan pelatihan jurnalis ini tentu kita menaruh harapan untuk melahirkan generasi muda khususnya yang bergerak di bidang jurnalis maupun pers menjadi terampil. Serta kemudian mengembangkan diri di berbagai media sebagai pekerja wartawan profesional,” katanya.

Bahkan, lanjut kata dia, dalam sebuah demokrasi, jurnalis maupun pers merupakan pilar penting demokrasi, serta menduduki urutan ke empat setelah yudikatif, eksekutif dan legislatif. Sehingga  pantas peran aktif media massa turut mewarnai perjalanan demokrasi di Indonesia. Selain itu media massa juga ikut berperan dalam perkembangan dan perubahan pola tingkah laku masyarakat,tambahnya.

“Jurnalis merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena tidak beda jauhnya dengan alim ulama karena sama dalam hal menyiar. Jika media massa menyiarkan berita dan alim ulama ustad, kiyai maupun pendeta menyiarkan pesan-pesan agamanya. Keduanya memiliki  tujuan agar masyarakat mendapatkan informasi yang baru. Tapi yang akurat, tajam dan terpercaya hanyalah melalui media massa,” pungkasnya.

Selain itu, pekerjaan jurnalistik adalah pekerjaan mulia sama dengan halnya berdakwah menyampaikan informasi, bedanya jurnalistik berdakwah melalui media baik media cetak, elektronik, maupun online.

“Karena itu saya ingatkan para peserta pelatihan jurnalist ini dapat mengikutinya dengan serius. Karena apalagi narasumbernya yang memiliki kapabilitas yang sudah tidak diragukan lagi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua PWI OKU Timur Edward Ferdinant menambahkan pelatihan jurnalistik dasar ini untuk memberikan pengetahuan kepada peserta. Melalui pelatihan ini diharapkan mampu mendongkrak minat generasi muda untuk menajdi seorang jurnalis.

“Kita berharap generasi muda di daerah kita ada yang berminat menekuni profesi wartawan,” imbuhnya.

Sedangkan ditempat terpisah, Jodi salah satu peserta pelatihan mengatakan, dengan pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan serta wawasan mengenai dunia jurnalistik dan kode etik Jurnalistik.

“Melalui Pelatihan Jurnalistik bisa mengembangkan kemampuan menulis berita saya, serta dapat menambah wawasan saya. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi di lain waktu karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemuda,” pungkasnya.