Polres OKU Timur Tembak Residivis Kambuhan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Salah satu pelaku curas berhasil diringkus anggota Sat Reskrim Polres OKU Timur berserta jajaran. Pelaku tersebut ditangkap setelah lama menjadi buronan. Pelaku tersebut atas nama Candra (26) warga Desa Bantan, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten OKU Timur karena melakukan perlawanan terpaksa pelaku ditembak anggota kepolisian.

Aksi kejahatan pelaku Candra tertuang dalam LP B/116/VI/2013/Sumsel/OKUT, tanggal 08 Desember 2013. Sedangkan Tempat Kejadian Perkara (TKP) jalan Raya Desa Bantan Pelita Dusun Sungai Tuha Kecamatan BP Peliung OKU Timur, pada Minggu 16 Juni 2013 sekira pukul 11.00 Wib.

Menurut Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulalkarnain Adi Negara didampingi Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya pada Kamis (27/12/2018) mengatakan, tersangka Candra merupakan satu dari sekian banyak pelaku kasus Curas yang dikenal cukup sadis terhadap korban. Komplotan ini sudah terlibat kasus Curas setidaknya tujuh kali. Namun pelaku Candra mengakui baru empat kali melakukan aksi Curas.

“Kita akan menyikat pelaku kejahatan yang sadis terhadap korban, saya ucapkan selamat kepada Kapolres yang sudah berhasil membekuk tersangka,” ujarnya.

Sementara Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya melalui Kasat Reskrim AKP M Ikang Ade, menambahkan, tersangka Candra ditangkap di Desa Bantan Kecamatan BP Peliung saat akan keluar pada Rabu (26/12/2018) malam. Ketika akan diringkus pelaku yang merupakan resedivis kambuhan ini berusaha melawan dengan menggunakan Sajam.

Karena berusaha memberikan perlawanan akhirnya anggota menembak pelaku. Setelah kedua kakinya ditembus timah panas baru pelaku menyerahkan diri,” ujarnya

Selain itu dirinya juga menjelaskan kronologis aksi dari pelaku, saat itu korban Aris Suwarno (79) Desa Gunung Meraksa Dusun IV, Kecamatan Lubuk Batang OKU, sedang melintas di TKP. Pelaku memepet serta mengambil kunci sepada motor korban dan menginjak rem sepeda motor korban.

Kemudian menendang sepeda motor korban, pelaku lalu mencabut sajam dan menganiaya korban. Akibat perbuatan pelaku korban menderita patah tulang rusuk dan lecet bagian pipi sebelah kanan,” jelasnya.

Selain berhasil membekuk pelaku pihaknya juga berhasil menyita barang bukti sebilah celurit. “Anggota kita terpaksa melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku karena saat akan ditangkap berusaha melawan,” tegasnya.

Sementara pelaku Candra dihadapan Kapolda mengakui perbuatannya. Bahkan dia dan komplotannya sempat beraksi di Baturaja OKU dan salah satu temannya dimassa oleh warga dan dia selamat dari amukan massa.