Bangun Embung, Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Desa

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi meresmikan embung Desa Purwosari, Kecamatan Belitang II, Kabupaten OKU Timur. Pembangunan embung tersebut untuk menunjang pendapatan desa dari sektor pariwisata serta menjaga kebutuhan air masyarakat tetap terjaga saat musim kemarau. Pemerintah Desa Purwosari memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk membangun Embung dengan nilai dana yang digunakan sebesar Rp 500 Juta lebih. Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajaran Rabu (2/12/2018).

Menurut Suwandi selaku Camat Belitang II saat diwawancarai salah satu wartawan usai peresmian embung mengatakan, embung tersebut selain bertujuan untuk menjaga agar sumur masyarakat tidak mengalami kekurangan air saat musim kemarau, juga akan dijadikan sebagai lokasi wisata desa dengan harapan akan membawa dampak positif bagi desa dan pemerintah OKU Timur.

“Masyarakat sangat mendukung dibangunnya embung ini. Sebelum dibangun, terlebih dahulu dilakukan musyawarah dan masyarakat mendukung pembangunannya. Disisi lain embung ini juga dapat meningkatkan pendapatan Desa,” katanya.

Lalu lanjut kata Suwandi, masyarakat berharap setelah embung tersebut diresmikan dapat segera dimanfaatkan untuk kemajuan desa baik dari segi wisata maupun segi ekonomi desa sehingga desa bisa lebih baju dengan masyarakat yang makmur.

“Semoga dengan adanya embung ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta dapat menopang perekonomian di Desa Purwosari dan sekitarnya,” pungkasnya.

Sementara, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengapresiasi terobosan pemerintah Desa Purwosari yang memanfaatkan dana desa untuk kepentingan masyarakat banyak mulai dari kebutuhan air hingga peningkatan perekonomian desa. Kedepan kata Kholid, gunakanlah dana desa yang ada untuk kesejahteraan masyarakat seperti koperasi simpan pinjam, atau usaha-usaha lainnya.

“Infrastruktur sangat perlu, namun dana desajangan seluruhnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Namun manfaatkanlah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Kholid.