Lakukan Simulasi Untuk Persiapan UNBK

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Martapura melakukan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), persiapan ini meliputi seting jaringan, Internet Protocol Address (IP) per komputer klien yang digunakan untuk pelaksanaan UNBK nanti. Sedangkan untuk mematangkan persiapan siswa-siswi dalam mengikuti UNBK, pihak sekolah juga mengadakan simulasi sebanyak empat kali. Dimana untuk simulasi yang pertama sudah dilakukan pada Desember lalu.

Menurut Kepala SMKN 1 Martapura Drs Ribut Setiadi melalui Suryanto selaku pembina laboratorium mengatakan, sekolah telah menyiapkan 100 unit komputer maupun laptop dan menyiapkan cadangan lima buah unit, serta server sebanyak enam buah. Persiapan ini telah mulai dari bulan desember dengan melakukan simulasi yang pertama. Untuk simulasi yang kedua akan dilakukan pertengahan bulan januari, sedangkan untuk simulasi ketiga dan keempat akan dilakukan pada Februari dan langsung proses simulasi finishing.

“Biasanya simulasi dilakukan sebanyak empat kali, hal ini dilakukan untuk memastikan semua unit komputer dapat digunakan dengan baik pada saat pelaksanaan UNBK nantinya. Untuk pemasangannya kabel jaringan, panitia yang ditugas dibantu oleh siswa, agar siswa dapat mendapatkan pengalaman,” katanya saat ditemui di ruangan laboratorium pada Rabu (9/1/2019).

Lalu lanjut kata dia, jika jaringan IP sudah disiapkan dan perangkat sudah dipasang maka selanjutnya perangkat di instal aplikasi exambroser. Jadi setelah diinstal komputer tersebut bisa digunakan untuk melakukan ujian.
Aplikasi exambroser ini untuk UNBK yang disiapkan dari UBK (ujian berbasis komputer). Untuk tahun ini peserta didik yang mengikuti ujian sebanyak 289 siswa-siswi yang terdaftar di DAPODIK yang akan mengikuti UNBK.

“Untuk tahun lalu kita hanya menggunakan dua ruangan laboratorium, namun jika tidak memungkinkan tahun ini kita akan menambah ruangan satu lagi, mengingat jumlah pelajarnya hampir mencapai 300 orang. Sedangkan untuk proses pelaksanaan nya biasanya dalam satu hari sebanyak tiga sesi sesuai jadwal yang telah ditentukan nantinya,” katanya.