Beranda OKU TIMUR Selain Pembangunan Infrastruktur yang Baik, Peningkatan Kapasitas SDM dan Partisipasi Jadi Prioritas

Selain Pembangunan Infrastruktur yang Baik, Peningkatan Kapasitas SDM dan Partisipasi Jadi Prioritas

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Binangun II Kecamatan Belitang Madang Raya (BMR) Kabupaten OKU Timur mengadakan diskusi bersama Pendamping Desa (PD) serta Pendamping Lokal Desa (PLD). Dalam diskusi tersebut membahas tentang pematangan penyusunan rencana kerja tahun anggaran 2019 hasil musyawarah desa serta bagaimana teknis pelaksanaannya. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan di kantor desa Karang Binangun II pada Rabu (15/1/2019).

Menurut Doni Mardinata, SE selaku Kepala Desa Karang Binangun II didampingi perangkat desa menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi fokus diskusi adalah bagaimana mendorong tingkat partisipasi masyarakat salah satunya dengan mengakomodir kegiatan pada bidang pemberdayaan masyarakat. Diskusi ini dilakukan agar pada pelaksanaannya nanti program tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Pada tahun anggaran 2019 beberapa sektor yang akan kembali disentuh diantaranya pertama sektor pendidikan, kedua sektor kesehatan, serta yang ketiga pemberdayaan perempuan dan anak dengan pelibatan kader-kader desa,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, pihaknya akan melakukan pembuatan Demontration Plot (Demplot) mini, yang rencananya 20 titik di pekarangan rumah penduduk yang disebar merata di desa. Pembuatan tersebut guna pemanfaatan lahan pekarangan rumah penduduk

“Selain itu ada rencana pembinaan dan pengembangan Demplot, serta advokasi pola hidup sehat, mendorong pengoptimalan kegiatan posyandu balita, ibu hamil dan lansia, bank data. Ada juga rencana pengalokasian insentive bagi kader-kader tersebut menjadi beberapa bagian dari rencana yang telah disusun,” pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan ini dirinya berharap dapat mendorong partisipasi serta peran aktif tidak hanya perangkat desa saja tetapi juga komponen masyarakat lainnya. “Dengan begitu diharapkan pencapaian hasil pembangunan yang dilakukan dalam masyarakat dapat lebih efektif dan efisien baik dari aspek masukan atau input (SDM, dana, peralatan/sarana, data, recana dan teknologi),” harapnya.

Sementara itu, Eko Nurcholis selaku pendamping desa menyampaikan, bahwa prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2019 sesuai dengan regulasinya ada pada bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Hasil dari diskusi ini juga merupakan bagian yang telah disampaikan oleh bapak Presiden dan Menteri Desa, bahwa sektor yang harus diperkuat pada tahun anggaran 2019 salah satunya ada pada pelibatan serta partsipasi masyarakat dan peningkatan SDM,” ujarnya.