Pemkab OKUT Gelar Pameran Produk Unggulan UKM

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Desa

KOMITMEN Pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat diwujudkan dengan membangkitkan potensi yang ada di masing-masing desa. Banyak produk unggulan dan produk pertanian OKU Timur yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Potensi inilah yang ditampilkan dalam pameran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang diselenggarakan dalam rangka HUT OKU Timur ke 15 yang berlangsung di Lapangan Taman Tani Merdeka (TTM) Martapura. Pameran UKM ini dibuka oleh Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya Sumadi dengan disaksikan Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM dan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi.

 

 

Menurut Bupati, selain infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian, perkebunan, dan UKM juga menjadi prioritas tersendiri. Sebagai daerah dengan karakteristik pertanian dan daerah penghasil pangan, tentunya OKU Timur siap menuju Kedaulatan Pangan, meliputi tanaman pangan, perkebunan dan kehutanan, peternakan, perikanan dan holtikultura.

“Untuk produksi pangan OKU Timur diatas 1 juta ton GKG. Selain itu sejak 16 agustus 2016 OKU Timur mulai mengembangkan beras organik yang saat ini pemasarannya selain ke pulau Jawa juga mampu menembus pasar internasional yaitu ke Singapura. Di sektor peternakan, kita menerapkan sistem peternakan modern dimana 1 orang bisa memelihara sampai dengan 30 ekor sapi. Kemudian perikanan, telah menjalin kerjasama dengan perusahaan luar negeri untuk membuat fillet patin sebanyak 60-80 ton per bulan untuk dipasarkan ke negara ASEAN dan Jepang, 60-80 ton per bulan,” ujar Kholid.

Sedangkan untuk hortikultura, OKU Timur mampu menyuplai jambu kristal ke pasar modern seperti Carrefour, Hypermart dan lainnya. “Bahkan jambu kristal kita kewalahan memenuhi permintaan sebanyak 2 ton per minggu yang bisa dipenuhi baru 1,2 ton per minggu. Produk hortikultura lain ada juga semangka yang mampu panen 20 ton per hektar, melon dan masih banyak lagi ,” jelas Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan OKU Timur Hj Sri Inarsih SSos, menambahkan, produk yang dipamerkan dalam pameran ini selain produk pertanian dan perkebunan juga merupakan hasil UKM-UKM yang ada di kabupaten ini. Seperti songket Gunung Batu yang sedang digandrungi saat ini, produk kerajinan tangan, home industri dan lainnya.

“Dengan adanya pameran ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, dimana pameran UKM ini diikuti sebanyak 250 stand yang menyajikan produk yang berbeda dengan perputaran uang mencapai ratusan juta per harinya,” ucapnya. (adv).