Relawan Demokrasi Diharapkan Dapat Dongkrak Partisipasi Pemilih

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Sebanyak 55 orang relawan demokrasi yang terpilih dari 20 Kecamatan di OKU Timur. diberikan bimbingan teknis dan pembekalan. Hal ini dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur sebelum relawan demokrasi terjun ke lapangan melaksanakan tugasnya guna memberdayakan peran Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019 untuk turut mensukseskan Pemilu pada 19 April mendatang. Bimtek tersebut dilaksanakan di Ruang Bina Praja II Pemkab OKU Timur.

Menurut Komisioner KPUD OKU Timur Divisi SDM dan Parmas Yuliansah SE, relawan demokrasi ini merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih dengan melibatkan peran serta masyarakat. Selain itu, dalam Bimtek tersebut, relawan demokrasi dari berbagai basis ini diberikan pengetahuan seputar Kepemiluan serta dasar-dasar kode etik Relawan dalam melaksanakan tugasnya.

“55 orang relawan demokrasi ini akan ditugaskan di setiap kecamatan yang ada di OKU Timur. Relawan demokrasi ini tugas utamanya adalah meningkatkan partisipasi pemilih saat pemilihan nanti,” kata Yuliansyah, saat dibincangi salah satu wartawan.

Lalu lanjut kata Yuliansah, relawan demokrasi terdiri dari 11 basis kelompok masyarakat yakni basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus dan lain sebagainya. Dengan tujuannya meningkatkan kualitas proses pemilu, partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

“Tentu ini membutuhkan kerja maksimal. Relawan ini juga nanti akan kita minta laporan setiap minggunya, apa hasil kerja dilapangan dalam peningkatan partisipasi kedepan,” ungkapnya.

Selain itu Yuliansah juga menegaskan, dalam menjalankan tugasnya relawan demokrasi harus mampu memberikan pemahaman dan penyampaian pentingnya demokrasi ke masyarakat, jadwal pemilu, tata cara pemberian suara, pengenalan peserta pemilu, hal-hal lain yang di anggap sesuai kebutuhan basis ini harus di sampaikan ke masyarakat.

Sementara itu, Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya menambahkan, selain meningkatkan partisipasi pemilih, relawan demokrasi juga harus bersikap netral. “Jika selama ini kalian ada atau memiliki keluarga yang menjadi Caleg, setelah menjadi relawan demokrasi harus netral. Laksanakan tugas untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih, bukan justru mensosialisasikan caleg,” ujar Herman mengingatkan.