Beranda OKU TIMUR Walau Bingung Menggunakan e-Voting, Masyarakat Antusias Menyalurkan Hak Suaranya

Walau Bingung Menggunakan e-Voting, Masyarakat Antusias Menyalurkan Hak Suaranya

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Masyarakat Desa Tanjung Kemala Barat terlihat berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Tanjung Kemala Barat. Desa Tanjung Kemala Barat merupakan salah satu desa yang melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan cara e-voting. Masyarakat terlihat memenuhi TPS sejak dibuka oleh panitia. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa ini dilaksanakan di Kantor Desa Tanjung Kemala Barat, Kamis (24/1/2019).

Dari pantauan dilapangan masyarakat sudah mulai berdatangan bahkan sebelum acara di mulai. Selain itu, pada saat pemilihan warga yang lanjut usia masih kebingungan tentang cara pemilihan akan tetapi pemilih lanjut usia ini didampingi oleh keluarga yang tertera di dalam Kartu Keluarga (KK).

Menurut Camat Martapura H Faisal, SKM, MM didampingi Sekretaris Camat Lukito mengatakan, Pilkades adalah salah satu mekanisme demokrasi dalam pemilihan kepala daerah. Siapa yang menang semoga dapat bertanggungjawab dengan amanah yang telah diberikan oleh masyarakat sedangkan untuk siapa yang kalah harus dapat menerima dengan lapang dada.

“Untuk para calon yang terpilih semoga dapat mengemban amanah dari masyarakat dengan menjalankan tugas dengan baik. Sedangkan untuk calon yang kalah diharapkan dapat menerima dengan lapang dada,” katanya.

Sementara, Wahyu Hidayat selaku ketua panitia pemilihan kepala desa Tanjung Kemala Barat, mengatakan untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Tanjung Kemala Barat sebanyak 907 orang, serta untuk calon Kades ada tiga calon, atas nama Nopianto, Sumadi, Wagirin. Lalu lanjut kata dia, pihaknya sudah melakukan sosialisasi yang telah dimulai pada bulan Desember tahun kemarin.

“Untuk sosialisasi e-Voting kami sudah mulai dari bualan Desember tahun 2018, selanjutnya sosialisasi lebih intensif dilakukan Tujuh hari sebelum pemilihan. Sosialisasi digilirkan perdusun. Memang ada sebagian masyarakat yang bingung tentang tata cara pemilihan namun saat dilakukan pemutaran video petunjuk pelaksanaan pemilihan e-voting masyarakat bisa memahaminya,” pungkasnya.

Sedangkan, Sriyono salah satu warga Desa Tanjung Kemala Barat ketika diwawancarai seusai pemilihan mengatakan, saat didalam bilik lumayan susah karena pemilihan dengan cara e-voting ini merupakan yang pertama. Akan tetapi panitia sudah sosialisasi sebelum pemilihan akan tetapi masih terdapat warga yang masih kebingungan.

“Awalnya saya bingung bagaimana cara pemilihan dengan e-voting, tetapi panitia sudah melakukan sosialisasi terlebih dahulu namun masih ada sebagian masyarakat yang bingung. Saya juga berharap kepada Kades yang terpilih nantinya dapat membuat desa supaya lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” ujarnya.

Sekedar informasi, kabupaten OKU Timur melakukan Pemilihan Kepala Desa secara serentak di 48 desa. Sedangkan untuk pemilihan secara e-voting ada delapan yang meliputi Desa Tanjung Kemala Barat, Desa Sabalioh Bunga Mayang, Desaway salak Kecamatan Jayapura, deaa ganjar agung buay madang, desa sari guna, dan mulya sari Kecamatan Belitang Mulya, desa simpang karta mulya Kecamatan Madang Suku I, desa Tanjung Mas Kecamatan Semendawai Barat.